Rabu, 30 Jan 2013 13:26 WIB

Pria Buta Warna, Bagaimana Nasib Anak Perempuannya Kelak?

(Foto: thinkstock) (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Dok, saya memiliki buta warna berdasarkan beberapa kali mengikuti Ishihara Test. Dari beberapa referensi yang saya baca, hal ini disebabkan oleh faktor genetis.

Apakah jika saya menikah dengan pasangan normal (tidak buta warna) dan memiliki anak perempuan, anak tersebut akan buta warna? Apakah sudah ada obat untuk buta warna tersebut? Terimakasih.

Orga (Pria Lajang, 24 tahun), yXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Pertanyaan serupa ini pernah saya jawab, silakan melihatnya di "Suami Buta Warna, Bagaimana Nasib Anak Dalam Kandungan?".

Untuk betul-betul memperkirakan kemungkinan menurunkan buta warna ini pada anak-anak Anda, maka perlu dilakukan tes genetik untuk memeriksa mutasi pada gen OPN1LW dan OPN1MW.

Jika mutasi pada kedua gen ini adalah penyebab buta warna Anda dan Anda menikah dengan pasangan yang normal, maka anak-anak perempuan Anda semuanya akan normal, tidak menunjukkan tanda-tanda buta warna.

Namun demikian, anak-anak perempuan Anda ini adalah carrier (pembawa sifat) buta warna yang mungkin dapat menurunkan buta warna pada anak-anak lelaki mereka.

Walaupun saat ini belum memungkinkan untuk betul-betul menyembuhkannya, ada beberapa intervensi medis yang dapat dilakukan untuk membantu persepsi pembedaan warna pada orang-orang dengan buta warna.

Konsultasi dengan dokter ahli mata tentunya akan sangat membantu dalam hal ini.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD
Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

(mer/vit)