Selasa, 21 Mei 2013 11:47 WIB

Penanganan Penyakit Katup Jantung

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Mau tanya, ibu saya mengalami klep AR (Aorta) tidak menutup dengan sempurna (ada celahnya) sedang dan AS mengalami penyempitan ringan, sama dokter dikasih obat selama 20 hari. Tindakan apa ya yang harus dilakukan? Bahayakah tentang penyakit ibu saya itu? Trims.

Pinky (Wanita lajang, 25 tahun)
thi_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 160 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Dear Ibu Pinky,

Selamat siang Ibu Pinky, saya sebelumnya ingin bertanya bagaimana kondisi ibunda anda saat ini? Apakah ibunda Anda terkena penyakit katup jantung yang disebabkan oleh demam rematik?

Penyakit jantung katup mitral, trikuspid, katup aorta dan katup paru akibat demam rematik, degenerasi mukoid, perubahan degeneratif, cacat bawaan, nekrosis iskemik, infeksi atau trauma, penyakit, yang mempengaruhi aliran darah gerakan, yang mengakibatkan disfungsi jantung, menyebabkan katup tunggal dari gagal jantung atau penyakit katup.

Penyakit jantung katup:
1. Penyakit katup mitral: stenosis mitral umum, regurgitasi mitral, regurgitasi mitral, prolaps katup mitral.
2. Katup trikuspid penyakit: regurgitasi trikuspid umum, regurgitasi trikuspid, stenosis trikuspid, prolaps katup trikuspid, dan sebagainya.
3. Penyakit katup aorta: stenosis aorta umum, insufisiensi aorta, prolaps katup aorta, regurgitasi aorta.
4. Bersama penyakit jantung katup: umum dengan stenosis mitral dan insufisiensi aorta, katup stenosis aorta dan insufisiensi katup tabung mitral, stenosis mitral dan stenosis aorta, insufisiensi mitral berhubungan dengan Tutup katup aorta insufisiensi.

Mengenai pengobatan katup ada 4 pengobatannya:
1. Terapi obat-obatan: obat-obatan hanya dapat mencegah, tidak dapat mengobati pasien penyakit jantung.
2. Percutaneous valvuloplasty balon mitral (PBMV)
Katup stenosis sederhana, stenosis mitral murni harus dipertimbangkan pertama perkutan balon angioplasty. PBMV menghindari cedera pasien torakotomi kecil, pemulihan pasca operasi yang cepat.
Studi klinis telah menunjukkan bahwa: PBMV tingkat keberhasilan bedah dari 95% atau lebih, sebagian besar pasien dengan fungsi jantung dapat ditingkatkan.
3. Pengobatan minimal invasive 'Bedah thorascoscopic'. Bedah thorascoscopic adalah pengobatan tanpa membelah dada atau memotong tulang rusuk dada hingga 20 cm, hanya 3 sayatan kecil sebesar 1-2 cm, dapat mengobati segala penyakit jantung, khususnya penyakit katup jantung, baik kebocoran atau penyempitan. Keuntungan dari pengobatan katup jantung ini adalah: pemulihan yang singkat, hanya 1 minggu, bekas luka ringan, trauma luka kecil.
4. Operasi pergantian katup dan perbaikan katup.

Pengobatan untuk pasien penyakit katup jantung sangat banyak. Semua pengobatan ini disesuaikan dengan faktor penyebab penyakit katup aorta menyempit, katup jantung bocor, dan hasil pemeriksaan jantung ibunda Anda. Tim dokter spesialis jantung Yodak Hospital perlu membaca hasil pemeriksaan jantung, kondisi pasien, dan riwayat penyakit pasien agar dapat memberikan pengobatan yang terbaik untuk katup jantung ibunda Anda.

Anda dapat berkonsultasi langsung gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan jantung dari dokter sebelumnya.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.

(hrn/vit)