Nyeri Dada Kanan dan Hilang Bila Menghela Napas, Indikasi Sakit Jantung?

ADVERTISEMENT

Nyeri Dada Kanan dan Hilang Bila Menghela Napas, Indikasi Sakit Jantung?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 19 Agu 2013 12:18 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Dok, saat melakukan aktivitas sehari-hari terkadang saya suka merasa nyeri di dada bagian kanan dengan durasi sekitar sepuluh detik. Tapi kemudian dengan hanya menarik napas secara perlahan nyeri tersebut sudah hilang. Memang sampai sekarang saya belum sempat cek ke dokter tapi apakah itu bisa jadi indikasi adanya penyakit jantung?

Fauziah (Wanita lajang, 24 tahun)
fauziah.XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Dear Ibu Fauziah,

Sebelumnya saya ingin bertanya kepada Anda selain nyeri dada, apakah Anda memiliki gejala sesak dada, sesak napas dan jantung berdebar-debar? Lalu bagaimana kondisi Anda saat ini, apakah Anda sering merasakan pusing, mual, muntah, dan tidak dapat tidur dengan nyenyak?

Mengenai gejala nyeri dada, memang patut kita curigai dan waspadai. Karena gejala ini mirip dengan gejala penyakit jantung. Namun tidak hanya penyakit jantung saja, gejala nyeri dada juga bisa bersumber dari penyakit lain seperti:

1. Nyeri dada yang berasal dari paru-paru, misalnya: edema paru-paru, kanker paru-paru
2. Nyeri dada yang berasal dari perut, misalnya: gangguan pencernaan, asam lambung meningkat, maag, GERD
3. Nyeri dada pada otot atau tulang dada: tulang rusuk patah, kaku
4. Nyeri dada ketika batuk, kondisi ini disebabkan terjadinya: infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus

Nyeri dada yang berasal dari jantung biasanya sangat khas, yakni:

1. Dada sesak, dan terasa berat seperti ada tekanan berat yang menimpa dada Anda.
2. Sesak napas
3. Berkeringat, mual
4. Rasa sakit di leher, kedua tangan atau salah satu bagian lengan terasa kesemutan
5. Jantung terasa berdebar-debar
6. Pusing, mudah lelah, dan tidak dapat tidur dengan nyenyak

Untuk mengetahui gejala yang pasti, maka harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap. Saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung untuk membuktikan kebenarannya. Jika Anda sudah cek ke dokter dan melakukan pemeriksaan jantung, dan ternyata gejala yang Anda alami membuktikan kebenarannya adalah penyakit jantung, dada, atau pun paru-paru, maka Anda dapat berkonsultasi langsung dengan saya gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.

(hrn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT