Selasa, 22 Apr 2014 12:47 WIB

Apakah TB Usus Bisa Sembuh Total Seperti Semula?

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Saya mempunyai sakit TB usus yang sudah 2 tahun menjalani terapi obat, terapi tahun pertama selesai masih belum sembuh dilanjutkan dengan terapi berikutnya tapi sampai sekarang masih juga belum menampakkan tanda-tanda kesembuhan, justru masih terasa sakit di perut ini.

Apakah penyakit TB usus itu bisa sembuh total seperti semula? Atau tidak bisa sembuh total, Dok? Saya sudah 3 kali colonoscopy hasilnya masih ada benjolan di dalam usus dan sampai sekarang saya masih menjalani terapi obat Dok. Terimakasih.

Joni (Laki-laki menikah, 33 tahun)
joni_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 167 cm, berat badan 70 kg

Jawaban

Dear Pak Joni,

TB usus dapat sembuh total, bahkan sisa jaringan parut di usus pun dapat kembali normal karena penyebabnya inflamasi (peradangan) oleh kuman TB. Diagnosis TB usus ditegakkan dengan biopsi. Jika sudah tegak benjolan di usus tersebut adalah karena TB umumnya akan respons dengan pemberian obat anti tuberkulosis (OAT) yang pada umumnya terapi OAT selama 9 bulan pada kasus TB usus. Tetapi jika sampai 2 tahun masih belum ada perubahan, perlu dipikirkan kemungkinan penyebab yang lain. Sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Karawaci Hospital

(hrn/mer)