Jumat, 29 Agu 2014 13:15 WIB

Bentuk Perut Bumil Ada yang Buncit dan Melebar, Mengapa?

Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dok, sebenarnya kenapa sih bentuk perut saat hamil, kenapa ada yang cenderung bulat (buncit) dan melebar ya? Sehingga sering dijadikan alat meramal jenis kelamin bayi kalau bulat katanya perempuan, kalau melebar laki-laki bayinya. Lantas untuk membedakan orang yang hamil beneran dan bohongan tuh bagaimana ya Dok? Trims.

Puspita (Perempuan menikah, 20 tahun)
puspita_ritaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 60 kg

Jawaban

Halo Mbak Puspita,

Pembesaran rahim pada ibu hamil memang mempunyai arah yang berbeda-beda. Terkadang kita melihat Ibu hamil yang besar ke depan, besar ke samping dan berbagai macam variannya.

Pada prinsipnya, 95% pembesaran janin dan rahim kurang lebih sama, yang membedakan adalah besar rongga badan ibu, lebar panggul ibu, ketebalan badan dan lebarnya badan seorang ibu. Bayangkan menaruh telur di dalam pot berisi tanah. Pot satu dan lain mempunyai ukuran yang berbeda, maka telur yang terlihat di permukaan tanah juga akan berbeda, sesuai dengan besar pot. Ada yang tidak terlihat sama sekali, ada juga yang hampir semuanya terlihat.

Sampai sekarang saya belum pernah membaca penelitian mengatakan hubungan antara lebar janin dengan jenis kelamin dan kemungkinan hal itu akan sangat sulit untuk disamaratakan. Sehingga hal tersebut merupakan mitos.

Untuk membedakan orang hamil dan tidak hamil sebetulnya sangat mudah, tinggal cek menggunakan alat tes kehamilan komersil yang sudah sangat banyak tersedia di mini market atau apotek.

Semoga bermanfaat.

dr. Hari Nugroho, SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
Staf Divisi Ginekologi Onkologi - Departemen Obstetri dan Ginekologi
RSUD dr Soetomo - Universitas Airlangga, Surabaya
Akun Twitter: @drharinugroho

(hrn/up)