Kamis, 08 Sep 2016 18:19 WIB

Kaitan Masturbasi dengan Fisik yang Mudah Lelah

Foto: thinkstock
Jakarta - Selamat sore Dok, saya butuh pencerahan nih mengenai masturbasi. Saya sering melakukan masturbasi, kurang lebih 3 kali dalam seminggu, apakah itu normal? Atau berlebihan?

Namun sekarang saya sedang giat untuk berhenti, tetapi ada satu kendala yang sering menghambat saya ketika melakukan aktivitas fisik/olahraga, seperti berjalan jauh, berlari/jogging, terutama ketika naik gunung, saya mudah lelah, lemas, sering pusing dan mual juga. Setelah itu lutut saya suka gemetaran.

Kata orang sih itu akibat terlalu sering masturbasi, bagaimana cara mengembalikan kondisi fisik saya menjadi normal kembali Dok? Aktivitas yang baik, makanan yang menunjang, atau mungkin harus dibantu dengan obat? Terimakasih atas waktu dan jawabannya Dok dan doakan saya juga ya.

Egi (Pria, 23 tahun)

Jawaban

Masturbasi (onani) tidak berbahaya dan tidak mengganggu kesehatan, selama dilakukan: saat tubuh bugar; frekuensinya tidak mengganggu kegiatan rutin sehari-hari; dilakukan secara higienis (memperhatikan aspek kebersihan) baik secara manual atau dengan objek/bantuan alat.

Yang Anda keluhkan saat aktivitas fisik/olahraga, setelah tidak melakukan masturbasi, bukan akibat atau dampak dari masturbasi. Jelasnya, lebih diakibatkan oleh kebugaran fisik dan psikis Anda, yang saat ini di bawah kondisi prima, tidak bugar.

Disarankan, agar Anda terus secara rutin melakukan exercise fisik, misalnya 'brisk walking' atau jalan cepat, 30 menit, 4-5 kali per minggu, cukup tidur serta didukung oleh asupan makanan dan minuman dengan pola gizi seimbang.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (hrn/vit)