Jumat, 07 Okt 2016 16:12 WIB

Geli Saat Foreplay Bikin Mood Istri Turun

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Halo Mbak. Saya punya masalah dengan istri tentang seks yaitu pada saat foreplay ataupun saat penetrasi, istri saya merasa geli. Dia merasa langsung moodnya itu turun setelah merasa geli tersebut. Ini sebabkan karena apa ya Mbak?

Joshua (Pria, 26 tahun)

Jawaban

Dear Mas Joshua,

Urusan seks ternyata tidak semudah yang dibayangkan ya. Saat inginnya merangsang istri, eh jadinya malah terasa geli. Rasa geli yang dialami oleh pasangan bisa terjadi karena bagian tersebut memang cukup sensitif, namun bukan termasuk zona erotik yang bisa membangkitkan rangsangan. Tidak semua rasa geli itu menimbulkan efek yang menyenangkan, yang biasanya ditandai dengan tertawa. Ada juga rasa geli yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan menimbulkan respon tubuh untuk menyingkirkan sumber geli tersebut.

Respons yang diberikan terhadap rangsangan atau sentuhan bisa bersifat sangat subyektif karena setiap orang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda. Jika sentuhan yang terjadi saat berhubungan seksual dipersepsikan sebagai sesuatu yang tidak membuat pasangan nyaman, tentu saja akan membuat pasangan kehilangan mood-nya.

Berhubungan seksual sebenarnya merupakan salah satu bentuk komunikasi paling intim dari pasangan suami istri, yang tidak hanya berupa nonverbal tetapi juga verbal. Untuk meminimalkan rasa geli, sebaiknya Anda dan pasangan mulai berkomunikasi satu-sama lain dalam mengenal tubuh masing-masing. Sampaikan pada pasangan bahwa Anda ingin mengenal tubuh pasangan, minta pasangan juga untuk memberikan respon bagian mana yang nyaman atau tidak nyaman untuk disentuh. Sediakan waktu yang cukup untuk saling mengeksplorasi dan ingat bagian tubuh mana yang menimbulkan respon positif dari pasangan.

Jika pasangan masih terus merasa geli, sebaiknya konsultasikan dengan Seksolog untuk dianalisis lebih lanjut.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/ (hrn/vit)