Perut Terasa Panas Saat Hamil dan Menyusui

ADVERTISEMENT

Perut Terasa Panas Saat Hamil dan Menyusui

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 02 Jan 2017 14:01 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Siang Dok, setelah melahirkan anak pertama pada bulan Februari 2015 yang lalu saya baru dapat haid pertama saat anak saya berusia kurang lebih 15 bulan. Haid pertama saya datang pada bulan April 2016 yang lalu, bulan Mei juga saya masih haid, tapi pada bulan Juni dan Juli ini saya tidak haid lagi.

Dua hari yang lalu saya coba tespeck dan hasilnya positif, tapi sebelum saya test keluar lendir seperti keputihan tapi berwarna cokelat pekat dan hari berikutnya keluar darah sedikit-sedikit dan selang seling tapi perut saya terasa panas. Saat ini saya masih menyusui anak pertama saya karena baru berusia 18 bulan.

Yang ingin saya tanyakan, apa yang menyebabkan perut saya panas? Bagaimana caranya agar ASI saya tetap banyak walaupun saya sedang hamil lagi? Dan bagaimana pula caranya agar saya sehat walaupun dalam kondisi hamil sekaligus menyusui? Terimakasih Dok, salam.

April (Wanita, 28 tahun)

Jawaban

Perut panas mungkin bisa karena asam lambung meningkat, untuk kehamilan dan masih menyusui sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis laktasi untuk menilai apakah kondisi kandungan cukup kuat untuk melanjutkan menyusui supaya pertumbuhan janin dalam kandungan bisa berjalan dengan sehat.

Karena usia sudah berusia 18 bulan maka dapat juga mulai didiskusikan mengenai pemberian makanan pendamping ASI sebagai sumber asupan nutrisi anak Ibu.

dr. Alfiben, SpOG
Spesialis Obstetri dan Ginekologi di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

(hrn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT