Kamis, 15 Feb 2018 17:34 WIB

Kaki dan Tangan Sering Terasa Kebas, Gejala Penyakit Apa?

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Selamat sore Dok, saya sudah hampir 1 tahun merasa telapak kaki hingga paha kebas atau baal, dan BAB tidak lancar. Ditambah juga pada tangan kanan dari jari kelingking hingga bawah siku sering nyeri dan sakit. Jari kelingking, jari manis dan jari tengah pada tangan kanan juga terasa kebas dan baal.

Apakah ada yg salah pada saraf saya Dok? Saraf kaki dan tangan apakah saling berkaitan? Terima kasih jawabannya. Salam.

Didit (Pria, 40 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sensasi kebas atau baal biasanya disebabkan oleh penurunan dari fungsi saraf. Hal ini dapat disebabkan oleh suatu penyakit atau kekurangan vitamin B bagi saraf. Kelainan nyeri pada tangan kanan Anda dapat saja disebabkan oleh kelainan saraf pergelangan tangan (Carpal Tunnel Syndrome) atau dapat juga diakibatkan adanya peradangan di saraf (neuritis). Saran saya segera konsultasikan keadaan kesehatan Anda kepada dokter spesialis saraf, agar dapat dilakukan penanganan dan pengobatan lebih lanjut untuk keluhan yang Anda rasakan saat ini.

Seluruh sistem saraf di dalam tubuh kita saling berkaitan satu sama lain dari mulai sistem saraf pusat yaitu otak, hingga ke saraf-saraf tepi di ujung jari jemari tangan dan kaki. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com (mrs/up)