Kamis, 15 Feb 2018 18:09 WIB

Kentut Saat Bercinta, Apakah Normal?

Foto: thinkstock
Jakarta - Apakah normal jika selalu kentut atau buang angin saat senggama? Saya sering kentut saat senggama terutama ketika mendekati klimaks. Suami tidak mempermasalahkan cuma saya merasa malu. Gimana solusinya dok?

Mari (Wanita, 23 tahun)

Jawaban

Kentut (flatus) saat senggama petunjuk tingginya gas hasil produksi enzim pencernaan dalam usus besar Anda. Saat mendekati klimaks, seluruh organ-organ dalam tubuh Anda meregang, termasuk usus besar Anda. Yang memicu gerakan refleks meniup gas-gas yang berlebihan pada saluran usus besar Anda.

Disarankan, agar Anda minum probiotik (bukan antibiotik !!!), yang mengandung flora usus yang bertugas membantu enzim pencernaan mengolah makanan atau minuman yang masuk ke dalam saluran-cerna.

Probiotik terdapat dalam bentuk kapsul, puyer, yoghurt. Selanjutnya, lakukan pula exercise fisik secara regular, hindari makanan yang berlemak tinggi dan spicy (pedas, rempah-rempah yang merangsang).

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)