Rabu, 21 Feb 2018 17:06 WIB

Konsultasi Seksologi

Tak Bisa Ejakulasi Saat Bercinta, Pertanda Apa?

Seorang suami mengeluhkan kondisinya yang tak bisa ejakulasi saat bercinta. Apa penyebabnya? Simak penjelasan dokter di sini. Foto: Thinkstock
Jakarta - Halo Dok, saya pria yang sudah menikah 2 tahun. Selama ini saya bercinta tapi tidak pernah terasa keluar spermanya. Istri saya pun belum hamil-hamil. Berbeda dengan saat masturbasi di mana saya bisa klimaks dan orgasme. Apa sebabnya ya Dok? Apakah saya kelainan? Apakah karena saya terlalu gemuk? Perlukah berobat? Terima kasih dokter.

M (Pria, 28 tahun)

Jawaban

Agaknya Anda mengalami Ejakulasi Terhambat (ET), saat masturbasi Anda bisa mencapai orgasme, disertai ejakulasi cairan sperma, tapi ejakulasi tidak terjadi saat penis dalam vagina.

Terjadinya kehamilan ditentukan oleh kualitas sperma Anda (jumlahnya, bentuknya dan motilitas (geraknya), juga oleh kualitas sel telur (ovum) isteri Anda. Bila hubungan intim dilakukan saat istri pada periode subur, barulah akan terjadi kehamilan.

ET berbeda dengan Retrograde Ejaculation(RE), juga tidak ada ejakulasi saat penis dalam vagina, karena ejakulasi sperma masuk ke dalam kandung seni (Vesica urinaria).

Untuk memastikan apakah Anda mengalami ET atau RE, disarankan Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi di kota Anda.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

(mrs/up)