Selasa, 27 Feb 2018 18:20 WIB

Tips Melakukan Senam Kegel untuk Merapatkan Vagina

Senam kegel dipercaya bisa membuat otot-otot vagina lebih kencang dan rapat. Bagaimana melakukannya? Simak jawaban dokter berikut ini. Foto: ilustrasi/thinkstock Senam kegel dipercaya bisa membuat otot-otot vagina lebih kencang dan rapat. Bagaimana melakukannya? Simak jawaban dokter berikut ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Dokter, katanya senam kegel dapat mengembalikan kerapatan vagina, bagaimana cara melakukannya?

V (Wanita, 38 tahun)

Jawaban

Exercise otot-otot vagina diperkenalkan pertama kali pada tahun 1940 oleh Dr Kegel, spesialis kebidanan-kandungan dari Los Angeles. Yaitu, berupa gerakan-gerakan ritme "ingin kencing - menahan kencing" yang dilakukan berulang-ulang.

Konon, exercise Kegel bisa membuat otot-otot vagina dan otot-otot dasar panggul (pelvic floor) tetap kencang hingga punya kontribusi pada kenikmatan seksual saat bersenggama dengan pasangan Anda.

Kegel exercise boleh dilakukan berulang kali tiap hari beberapa menit selama 1-3 bulan untuk memperoleh hasil yang optimal.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)