Rabu, 14 Mar 2018 18:17 WIB

Bisakah Orgasme Hanya dengan Rangsangan Suara dan Gambar?

Bisakah manusia orgasme hanya karena rangsangan suara dan gambar, tanpa ada stimulasi di area kelamin? Foto: thinkstock Bisakah manusia orgasme hanya karena rangsangan suara dan gambar, tanpa ada stimulasi di area kelamin? Foto: thinkstock
Jakarta - Dok, apa benar wanita bisa mencapai orgasme hanya dengan rangsangan suara dan gambar (tanpa dia melakukan penetrasi atau masturbasi)? Kenapa bisa seperti itu Dok? Begitu juga orgasme pada pria, haruskah melulu tercapai ketika ada rangsangan pada genitalnya? Bisakah pria mencapai orgasme hanya dengan rangsangan visual dan suara tanpa ada kontak dengan alat kelaminnya? Terima kasih.

Y (Wanita, 24 tahun)

Jawaban

Orgasme pada wanita atau pria bisa dicapai tanpa hubungan seksual dan bahkan penetrasi penis ke dalam vagina. Hubungan seksual bentuk itu dikenal sebagai Cyber Sexual Intercourse atau disingkat Cyber-Sex. Hal ini dimungkinkan oleh fantasi seksual dalam bentuk suara, gambar yang didukung pula oleh kemajuan IT (Information-Technology) antara lain dalam bentuk video chat dan text.


Hal ini dimungkinkan karena dalam otak manusia terdapat pusat seksual yang terletak pada Gyrus Hypocampus. Rangsangan sensual melalui mata atau bunyi, suara, desahan yang merangsang telinga, diolah oleh pusat seksual di otak ini, lalu dipancarkan melalui saraf pada organ-organ reproduksi dalam tubuh manusia. Efeknya, penis bisa ereksi, tegang; vagina bisa lubrikasi (berlendir), bahkan memicu pasangan yang sedang melakukan Cyber-Sex, mencapai orgasme.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)