Selasa, 03 Apr 2018 18:33 WIB

Mengatasi Ejakulasi Terhambat Saat Bercinta

Sulit ejakulasi saat bercinta, tanda pria mengalami ejakulasi terhambat.  Foto: thinkstock Sulit ejakulasi saat bercinta, tanda pria mengalami ejakulasi terhambat. Foto: thinkstock
Jakarta - Bagaimana agar sperma mudah keluar saat berhubungan seks? Karena yang saya alami adalah ejakulasi yang terlalu lama. Terima kasih.

Pram (Pria, 29 tahun)

Jawaban

Yang Anda alami adalah ejakulasi yang terlalu lama (prolong ejaculation), artinya bisa ejakulasi tapi lama. Berbeda dengan ejakulasi terhambat (ET) yg tidak bisa sama sekali ejakulasi saat penis dalam vagina, tapi bisa ejakulasi saat masturbasi.

Ejakulasi sperma dengan durasi normal, ditentukan oleh objek (pasangan Anda) dan Anda. Jelasnya, pasangan Anda harus aktif merangsang zona-zona erotik tubuh Anda yang paling peka saat foreplay. Juga profil dan penampilan pasangan Anda harus menggairahkan saat ML, bersih, harum dan seksi.

Di samping itu pula, kondisi fisik dan psikis tubuh Anda harus prima, artinya jasmani bugar dan psikis tidak sedang galau atau stres.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)