Kamis, 08 Agu 2019 12:59 WIB

Warna Kulit Dulunya Putih Kini Hitam, Bisakah Kembali Seperti Sediakala?

Warna kulit bisa jadi lebih gelap karena paparan sinar matahari. (Foto: detikHealth) Warna kulit bisa jadi lebih gelap karena paparan sinar matahari. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Apakah bisa saya mempunyai kulit seluruh badan putih seperti dahulu kala dok? Orang tua saya kulitnya putih tapi saya sendiri mempunyai kulit hitam padahal kulit saya dulu putih. Apakah ada saran untuk mengembalikan kulit saya yang dahulu kala putih dengan bahan alami?

Saya sudah coba bermacam-macam sabun tapi tidak satupun yang efektif.

Bagus P (Laki-laki, 18 tahun)

Jawaban

Salam kenal Bagus. Warna kulit sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam dan luar. Faktor dari dalam adalah faktor genetik atau keturunan, sehingga yang punya orang tua putih cenderung punya anak dengan kulit yang putih. Namun faktor luar seperti paparan sinar matahari sangat berpengaruh terhadap warna kulit.

Pembentukan pigmen melanin dari sel melanosit akan meningkat dengan adanya paparan sinar matahari, sehingga yang awalnya punya kulit putih akan bisa menjadi gelap. Jadi untuk mengembalikan warna kulit yang utama adalah pencegahan dari paparan sinar matahari, bisa menggunakan payung dan krim tabir surya. Untuk krim pengobatan dapat menggunakan produk-produk yang mengandung vitamin C dan glutathione. Serta bisa dikombinasi dengan injeksi dan obat minum untuk memaksimalkan hasilnya.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181 www.skincentrebali.com (fds/fds)