Jumat, 09 Agu 2019 20:19 WIB

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Kenapa Kulit Mr P Terasa Kering dan Gatal Sampai Mengelupas?

Kulit penis yang terasa kering dan gatal bisa karena iritasi atau alergi. (Foto: detikHealth) Kulit penis yang terasa kering dan gatal bisa karena iritasi atau alergi. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Jadi sudah 2 minggu ini, sekitar penis dan penisnya ada ruam sangat gatal. Apalagi di kulup penis itu kulitnya kering mengelupas. Itu bagaimana yah?

Saya tidak tau kenapa karena itu terjadi tiba-tiba. Saya selalu menjaga kesehatan pada kelamin, saya kira hanya kulit kering biasa karena cuaca yang sangat panas, kulit wajah juga kering tapi sudah sembuh, akan tetapi penis saya hingga sekarang masih kering dan gatal.

Irfan (Laki-laki, 19 tahun)


Jawaban

Kulit kering pada area penis kadang bisa disebabkan oleh alergi. Jadi tidak selalu karena penyakit kelamin atau kurang menjaga kebersihan.

Iritasi dan alergi kadang disebabkan oleh kebiasaan yang salah seperti terlalu berlebihan menggosok area penis, atau menggunakan bahan-bahan pembersih yang bersifat iritasi atau alergi. Untuk mengatasinya, pertama perlu dicari penyebabnya. Kemudian dapat diberikan krim steroid atau pelembab agar tidak kering. Sebab kondisi kering yang dapat menyebabkan gatal.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181www.skincentrebali.com (fds/fds)