Jumat, 30 Agu 2019 14:28 WIB

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Bentol-bentol Usai Makan Tahu, Tanda Alergi Makanan?

Bentol usai makan bisa jadi tanda alergi kesehatan. (Foto: detikHealth) Bentol usai makan bisa jadi tanda alergi kesehatan. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Halo dok, jadi begini sudah sekitar 4 hari saya terkena gatal-gatal di beberapa area badan saya, dan gatalnya juga membuat bentol dan merah di sekelilingnya. Nah pertama kali saya kena seingat saya karena mengonsumsi tahu, tapi ketika saya cari tau di beberapa artikel, ada satu artikel yang menyatakan bahwa jika alergi makanan gatalnya tidak menyebabkan bentol.

Lalu masalah saya ini apa ya dok, alergi makanan kan atau yang lain? Bagaimana penanganannya dok? Mohon bantuannya.

Nazwa Ayuniza (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Apabila terjadi gatal, kemerahan ataupun bentol setelah adanya riwayat konsumsi makanan bisa saja merupakan suatu alergi makanan tertentu.

Gejala alergi yang disebabkan oleh makanan bisa berbagai macam seperti gatal pada area bibir, bengkak pada wajah, bibir, lidah atau bahkan pada saluran pencernaan yang lebih dalam bisa juga disertai dengan nyeri perut, mual muntah atapun kejadian yang lebih parah seperti kegawatan terjadinya gagal nafas.

Untuk mengetahui apakah gatal dan bentol tersebut disebabkan oleh alergi makanan, bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan tes tusuk. Apabila dinyatakan alergi makanan, cara terbaik adalah menghindari makanan yang diduga menjadi penyebab alergi tersebut.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV, FAADV,
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @dniskincentre www.skincentrebali.com (fds/fds)