Jumat, 20 Sep 2019 13:20 WIB

Konsultasi Mata

Kantong Mata Muncul Setiap Hari Bikin Enggak Pede, Apa Penyebabnya?

Kantong mata bisa muncul karena berbagai sebab, salah satunya kurang tidur. (Foto: Luthfy Syahban/detikcom) Kantong mata bisa muncul karena berbagai sebab, salah satunya kurang tidur. (Foto: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Saya mau tidur cepat mau tidur lama tetap saja mata mudah bengkak. Kantong mata saya sering muncul setiap hari. Kenapa kantong mata saya susah sekali hilangnya? Saya jadi enggak pede karena mata saya bengkak terus setiap hari.

Apa penyebabnya Dok? Kira-kira bagaimana mengatasi masalah kantong mata saya? Terima kasih.

Resta Azena (Wanita, 23 tahun)


Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kantong mata atau puffy eyes sering merupakan suatu gejala normal setelah tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kualitas tidur di malam hari, hormonal, retensi cairan di kelopak mata, temperatur ruangan yang panas ataupun alergi. Beberapa jenis kosmetik wajah bisa menyebabkan hal ini apabila tidak dibersihkan sebelum tidur. Usia dan genetik juga bisa jadi faktor penyebab lainnya.

Biasanya kantong mata akan hilang tak lama setelah bangun tidur. Saya menyarankan setelah bangun mengedip-kedipkan mata untuk mengurangi retensi cairan di kelopak dan jangan dikucek.

Apabila bengkak atau kantong mata ini bersifat menetap atau sulit hilang, maka sarannya adalah agar memeriksakan diri ke dokter mata untuk dievaluasi lebih lanjut. Beberapa penyakit tertentu seperti Hipertiroid bisa juga menyebabkan bengkaknya daerah di sekitar mata.

Semoga hal ini bisa menjawab pertanyaan Anda.

dr Zeiras Eka Djamal, SpM
JEC@Cinere Jalan Cinere Raya No. 19, Depok, Jawa Barat (fds/fds)