Tangan dan Kaki Keram Setiap Habis Makan Nasi, Mungkinkah gegara Diabetes Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Tangan dan Kaki Keram Setiap Habis Makan Nasi, Mungkinkah gegara Diabetes Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 21 Nov 2022 09:00 WIB
A man suffering from painful and inflamed gout on his right foot around the big toe area.
Ilustrasi keram di kaki (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya penderita diabetes tipe 2. Tangan dan kaki sebelah kiri selalu terasa keram saat habis makan nasi. Dan mata saya mulai redup ketika melihat. Kalau kata dokter saya menderita penyakit neuratik, gimana cara pengobatannya.

Candra Suryana (pria, 54 tahun)

Jawaban:

Tangan dan kaki keram sebelah kiri bisa akibat gangguan saraf karena diabetes yang sudah lama diderita atau gula darah yang sering tidak terkontrol yang disebut neuropati diabetik, tapi bisa juga sebagai salah satu gejala stroke.

Sebaiknya segera kontrol ke dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebab gangguan tersebut dan mendapat terapi yang tepat. Keluhan mata yang kabur pada penderita diabetes bisa karena komplikasi dari diabetes atau hipertensi atau bisa juga karena gangguan saraf yang terjadi di mata.

Perlu periksa ke dokter ahli mata dan periksa laboratorium lengkap untuk melihat bagaimana kadar gula darah, kolesterol, fungsi ginjal, lever, dan kondisi-kondisi lain yang diperlukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.

Kontrol langsung ke dokter supaya bisa diperiksa lebih lanjut dan terdiagnosis dengan tepat karena sangat perlu pemeriksaan fisis / saraf, untuk bisa terdiagnosis dengan baik.

Dr dr Fabiola Maureen Shinta Adam, SpPD-KEMD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Makassar

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT