Herbal: Scullcap

ADVERTISEMENT

Herbal: Scullcap

- detikHealth
Sabtu, 01 Mei 2010 14:04 WIB
Jakarta - Deskripsi:
Scullcap adalah anggota dari keluarga mint lateriflora. Tumbuhan ini tumbuh di Amerika Utara dan umum digunakan di Amerika Serikat dan Eropa. Tumbuh di hutan, belukar, tebing dan sepanjang pinggir jalan di selokan basah. Salah satu jenis Scullcap yang paling banyak digunakan untuk obat herbal adalah Scutellaria laterifloraS. Spesies ini dapat ditemukan di habitat mulai dari hutan sampai padang rumput.

Kandungan:
Flavonoid (apigenin, hispidulin, luteolin, scutellarein, scutellarin (glikosida pahit); iridoids (catalpol), minyak volatile (limonene, terpineol [monoterpen], d-cadinene, caryophyllene, trans-b-farnesene, humulene b-[ seskuiterpen]); unsur lainnya termasuk lignin, resin, tanin.

Khasiat:
Dalam pengobatan baik tradisional maupun modern, Scullcap digunakan untuk mengatasi masalah kegelisahan, insomnia dan peradangan.

Perlu diketahui, produk olahan dari Scullcap harus dihindari selama kehamilan dan menyusui.  Selain itu penggunaan yang berlebihan atau overdosis dapat menyebabkan pusing, pingsan, kebingungan, dan kejang.

Sumber: dari berbagai sumber.

(adh/adh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT