Selasa, 26 Jul 2011 13:37 WIB

Herbal Rosella, Dilirik Sebagai Penurun Berat Badan

- detikHealth
Jakarta - Deskripsi
Bunga Rosella atau dengan nama latin Hibiscus sabdariffa merupakan tanaman yang sekarang ini diolah untuk dijadikan minuman seduh semacam teh. Hibiscus sabdariffa L termasuk famili Malvaceae dan terdapat 2 jenis utama, yaitu H sabdariffa var altissima Wester dan H sabdariffa var sabdariffa.

Batang H sabdariffa var altissima Wester berwarna hijau atau merah dengan daun berwarna hijau. Bunganya berwarna kuning dan calyces merah atau hijau, tidak berdaging dan berduri.

H sabdariffa var sabdariffa memiliki batang yang lebih pendek dengan tinggi sekitar 2,4 m, tegak, lebat dan berbentuk silinder. Panjang daun kira-kira 7,5-12,5 cm, hijau dengan urat kemerahan. Teh herbal Rosella memiliki rasa mirip dengan Cranberry, seringkali ditambahkan gula untuk menikmati minuman ini.

Kandungan
Teh herbal Rosella secara garis besar mengandung vitamin C dan mineral. Kandungan lebih lengkapnya adalah asam organik 15-30 persen, termasuk asam sitrat, asam maleat, asam tartrat, asam polisakarida dan flavonoid glikosida. Teh ini juga mengandung inhibitor enzim yang menghambat produksi amilase.

Khasiat
1. Mempunyai efek diuretik (menambah kecepatan pembentukan urine) sehingga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah
2. Dapat untuk mengontrol kolesterol
3. Menurunkan berat badan
Mengandung inhibitor enzim yang menghambat produksi amilase. Amilase adalah enzim yang memecah gula kompleks dan pati. Minum secangkir teh herbal Rosella setelah makan akan mengurangi penyerapan karbohidrat sehingga dapat untuk menurunan berat badan.
4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Teh herbal Rosella kaya vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terkena virus penyakit (virus influenza, dll).
5. Dapat mencegah infeksi kandung kemih dan sembelit jika diminum secara teratur.

Sumber: dari berbagai sumber

(ir/ir)