Jumat, 09 Okt 2009 14:35 WIB

Kawasaki

- detikHealth
DATA PENYAKIT - Deskripsi
Penyakit Kawasaki adalah penyakit yang menyerang kulit, mulut, dan kelenjar getah bening, dan paling sering mempengaruhi anak-anak di bawah umur 5 tahun. Penyebab belum diketahui, tetapi jika dikenali gejala awal, anak-anak dengan penyakit Kawasaki bisa benar-benar pulih dalam beberapa hari. Tidak diobati, dapat mengakibatkan komplikasi serius yang dapat mempengaruhi jantung.

Menurut data Kidshealth, penyakit kawasaki terjadi pada 19 dari setiap 100.000 anak-anak di Amerika Serikat. Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak keturunan Jepang dan Korea, tetapi juga dapat mempengaruhi semua kelompok etnis.
Penyakit ini pertama kali dikenalkan pada 1967 oleh Dr Tomisaku Kawasaki di Jepang. Oleh karena itulah nama penyakit ini disebut Kawasaki.

Tanda dan Gejala
Penyakit kawasaki tidak dapat dicegah, tetapi biasanya memiliki tanda gejala dan tanda-tanda yang muncul dalam beberapa fase. Fase pertama, yang dapat bertahan sampai 2 minggu, biasanya penderita tinggi dari 104° Fahrenheit (39 ° Celsius) dan berlangsung selama paling sedikit 5 hari.

Gejala lain yang biasanya berkembang meliputi: mata memerah, ruam di perut, dada, dan alat kelamin, bibir merah, kering, bibir pecah-pecah, bengkak lidah dengan benjolan berlapis putih dan merah, tenggorokan gatal, bengkak pada telapak tangan dan telapak kaki dengan warna ungu-merah, serta pembengkakan kelenjar getah bening

Perawatan
Anak-anak dengan penyakit Kawasaki harus dirawat di rumah sakit dan diasuh oleh seorang dokter yang memiliki pengalaman dengan penyakit ini.

Sumber: medlineplus dan kidshealth.

(tbs/tbs)