detikhealth

Perihnya Sariawan

Waspadai Sariawan yang Muncul Lebih dari 2 dan di Satu Bagian Mulut Saja

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Senin, 10/11/2014 14:32 WIB
Waspadai Sariawan yang Muncul Lebih dari 2 dan di Satu Bagian Mulut Saja
Jakarta, Satu sariawan yang muncul saja rasanya sudah perih dan membuat mulut menjadi tidak enak. Apalagi, jika sariawan muncul lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan. Makan menjadi tidak enak dan berbicara pun akan membuat mulut sakit.

Sariawan dalam istilah medis dikenal dengan stomatitis aphtosa recurrent (SAR). Sariawan terjadi karena adanya peradangan dan perubahan struktur sel-sel yang ada di dalam rongga mulut. Penyebab sariawan sendiri bermacam-macam, terutama karena faktor hormonal, menstruasi, anemia, alergi, defisiensi nutrisi, hingga trauma.

Menurut drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI dan RSCM, sariawan ada tiga jenis, pertama sariawan minor yang jumlahnya bisa muncul 2-3, ukurannya kecil dan dapat sembuh dengan sendirinya. Kedua, sariawan yang bentuknya kecil-kecil dan jumlahnya banyak. Sariawan ini mirip dengan penyakit herpes. Ketiga, sariawan mayor yang ukurannya besar dan biasanya lebih dari 1 cm. Sariawan ini biasanya dalam dan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh.

"Untuk sariawan jenis ketiga, ini yang lebih mengganggu karena membuat kita jadi tidak enak makan. Sariawan ini harus dibantu penyembuhannya dengan obat. Selain itu, karena ukurannya yang besar dan sembuhnya yang lama sariawan ini sering dikira sebagai kanker mulut padahal tidak," kata dr Harum dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat, (07/11/2014).

Dihubungi terpisah, Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, FICD Lab BioCORE, dari FKG Universitas Trisakti, mengatakan bahwa sariawan yang muncul lebih dari dua di dalam mulut dalam waktu bersamaan perlu untuk diwaspadai. Terlebih lagi, jika sariawan hanya terjadi pada satu bagian mulut saja, misalnya di sekitar pipi kiri saja dan berulang-ulang.

"Biasanya kalau sariawan banyak itu paling dua ya. Kalau ada sariawan yang tumbuh berkali-kali di tempat yang sama, misalnya di bagian mulut pipi kiri terus, atau di gusi kanan terus dan jumlahnya banyak sampai 3 atau lebih dari 4 ini harus dicurigai sebagai gejala dari penyakit yang lebih serius. Apalagi kalau rasanya sampai sangat perih dan lidah rasanya jadi seperti terbakar. Sariawan yang biasa itu sembuh dalam 3-7 hari, kalau sudah lebih dari itu dan jumlahnya banyak harus segera diperiksakan. Kondisi ini harus segera diperiksakan," terang Prof Melanie.

Untuk mengatasi kondisi sariawan yang lebih dari satu ini memang sebaiknya menggunakan bantuan obat kumur. Gunakan kassa yang dibubuhi obat dan kemudian ditempelkan di bagian yang sariawan agar cepat pulih.

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit