detikhealth

Perihnya Sariawan

Perih Sih, Tapi Gosok Gigi Saat Sariawan Justru Dianjurkan

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Senin, 10/11/2014 18:29 WIB
 Perih Sih, Tapi Gosok Gigi Saat Sariawan Justru DianjurkanIllustrasi: Thinkstock
Jakarta, Sariawan bisa bikin seseorang ogah buka mulut. Perihnya itu lho yang terkadang bikin mata harus merem-merem saat menahan sakitnya. Jika Anda sedang sariawan, rajin-rajinlah menggosok gigi. Perih sih, tapi menggosok gigi justru dianjurkan saat sariawan melanda.

"Justru saat sariawan, dianjurkan untuk sikat gigi dan kumur-kumur karena mulut kita kan sarangnya bakteri. Tetapi, tentunya sikat gigi ini harus hati-hati dan tidak asal-asalan, misalnya sariawan ada di bibir maka saat sikat gigi bibirnya ditarik sedikit lalu sikat giginya jangan sampai kena bagian yang sariawan. Sikat gigi itu salah satu bentuk proteksi mulut sekaligus agar bakteri hilang," kata Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, FICD Lab BioCORE, dari FKG Universitas Trisakti dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Senin (10/11/2014).

Sariawan juga bisa diobati dengan obat kumur atau yang disebut dengan chemical therapy. Selain bisa membantu mengobati sariawan, obat kumur juga bisa membantu pertumbuhan jaringan atau sel-sel di dalam rongga mulut.

Dihubungi terpisah, drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI dan RSCM, menuturkan cara mengobati sariawan bisa dilakukan dengan mengompres bagian mulut yang sariawan menggunakan kasa yang sudah diberi obat kumur. "Cara mengobatinya mudah kompres saja dengan obat kumur yang dijual di apotek, ambil kasa lalu teteskan obatnya dan usapkan ke area yang sariawan," jelas dr Harum.

Tak hanya obat kumur atau obat oles, rasa perih dan sakit yang ditimbulkan oleh sariawan juga bisa diredakan dengan bahan-bahan alami seperti madu, jahe, dan daun sirih. Khususnya madu, memang sudah dipercaya memiliki berbagai manfaat mengobati penyakit oleh sebagian orang.

"Sebenarnya penelitiannya belum ada, cuma ya kalau dengan diolesi madu bisa membuat rasa sakitnya berkurang atau orang jadi nyaman kalau sariawannya diolesin madu ya tidak apa-apa boleh digunakan. Sariawan biasa umumnya seminggu juga sudah sembuh. Tergantung juga pada faktor predisposisinya. Faktor pemicunya dulu yang diatasi misalnya kalau sariawan karena stres ya manajemen stresnya yang diberesin dulu," terang drg Harum.

Ditambahkan oleh Prof Melanie, sariawan bisa diatasi juga dengan pola hidup teratur yang diterapkan oleh diri sendiri. Hal ini berkaitan dengan salah satu pemicu sariawan yaitu faktor hormonal.

"Penelitian yang saya baca, bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan adalah daun sirih. Kumur-kumur air daun sirihnya. Kemudian, jahe dan juga temulawak. Nah itu bisa sebagai cara alami menyembuhkan sariawan. Agar tidak sariawan ya usahakan hidup seimbang, cukup istirahat, tidak stres, dan makan-makanan yang cukup," jelas Prof Melanie.

"Sariawan kita asumsikan seperti luka ya, jangka waktu sembuhnya ini bergantung dengan besar kecilnya sariawan itu sendiri. Tetapi, biasanya sih seminggu juga sudah sembuh," imbuh Prof Melanie.

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close