detikhealth

Studi: Wanita yang Hidupnya Bahagia Memiliki Tulang Lebih Kuat Saat Tua

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 16/01/2015 07:00 WIB
Studi: Wanita yang Hidupnya Bahagia Memiliki Tulang Lebih Kuat Saat Tua
Jakarta, Setiap orang tentu ingin memiliki tulang yang tetap kuat sampai tua kelak, termasuk para wanita. Nah, jika Anda salah satunya, maka mulai saat ini sebaiknya cobalah untuk selalu berpikir positif dan mencari cara mengatasi stres.

Studi yang dilakukan oleh University of Eastern Finland menyebutkan bahwa wanita yang selalu berpikir positif dan bahagia berpeluang untuk memiliki kepadatan tulang lebih besar saat tua kelak, jika dibandingkan mereka yang sebaliknya. Ini berarti akan berpengaruh juga pada risiko osteoporosis mereka.

Osteoporosis adalah penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang karena berkurangnya kepadatan tulang, terutama pada wanita pasca-menopause.

Rendahnya tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan merokok sering disebut-sebut sebagai penyebab utama osteoporosis, tetapi faktor-faktor psikologis seperti stres dan depresi juga berperan besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Misalnya, stres jangka panjang dapat menyebabkan orang berkeinginan untuk merokok dan membuat mereka malas olahraga.

Faktanya, stres yang berhubungan dengan depresi dapat menyebabkan metabolisme menjadi tak beraturan dan pada akhirnya memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan tulang, demikian dikutip dari NY Daily News, Jumat (16/1/2015).

Dalam studi ini, tim peneliti menggunakan data 2.167 wanita perempuan dari studi Kuopio Osteoporosis Risk Factor and Prevention (OSTPRE) (OSTPRE), yang telah berlangsung sejak tahun 1989.

Para responden menjalani pengukuran kepadatan tulang pada mulai pada tahun 1999 dan 1.147 orang di antaranya mengambil sampel kembali untuk pengukuran tindak lanjut pada tahun 2009. Tim peneliti kemudian menilai kepuasan hidup mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan.

Secara keseluruhan, kepadatan tulang mengalami penurunan sebesar 4 persen setelah periode 10 tahun penelitian tersebut, namun wanita yang mengalami penurunan kepuasan hidup alias merasa kurang bahagia mengalami penurunan kepadatan tulang 85 persen lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang puas dengan kehidupannya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine ini menyimpulkan bahwa hidup optimistis dan bahagia sejak muda tak cuma membuat para wanita saat menua kelak hidup sejahtera secara psikologis, tapi juga berpeluang memiliki tulang yang lebih sehat.

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit