detikhealth

Sederhana, Tapi 3 Kebiasaan Ini Diyakini Ampuh Bantu Turunkan Bobot

Andara Nila Kresna - detikHealth
Kamis, 28/05/2015 09:07 WIB
Sederhana, Tapi 3 Kebiasaan Ini Diyakini Ampuh Bantu Turunkan BobotIlustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Berbagai cara bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badannya. Namun, dalam keseharian nyatanya ada beberapa kebiasaan sederhana yang diterapkan dan dipercaya ampuh membantu menurunkan bobot lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition dan diikuti oleh 120.000 peserta rata-rata berusia 16 tahun ingin mengetahui beberapa perubahan kecil yang bisa menurunkan berat badan. Di sini, peneliti ingin membuktikan bahwa mengonsumsi makanan berglikemik tinggi seperti pati, gula atau biji-bijian mampu menaikan berat badan.

Amat berbeda pada orang dibandingkan yang gemar mengonsumsi makanan berglikemik rendah seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan yang bisa memiliki bobot lebih rendah. Penelitian sebelumnya berpesan agar pola hidup sehat dan gaya hidup yang benar-benar terjaga adalah kunci sukses dalam penurunan berat badan.

Berbeda dengan hal tersbeut, penelitian terbaru mengungkapkan ada beberapa agar hal simpel yang bisa diterapkan dalam pola diet Anda. Seperti dikutip dari Medical Daily, Kamis (28/5/2015), berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi seafood

Makanan laut adalah salah satu sumber makanan yang sehat dan bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Tentu saja bukan lobster dan cumi jawabannya. Seafood sehat yaitu salmon dan tuna yang tinggi protein dan juga rendak lemak jenuh. Selain itu sertakan sayuran hijau tinggi serat dalam piring Anda.

2. Kurangi konsumsi daging merah

Para peneliti berpendapat bahwa mengonsumsi daging merah sangat berkaitan dengan peningkatan berat badan. Hal ini berlaku jika mengonsumsi daging merah dengan nasi atau pasta secara bersamaan. Fakta terburuk adalah daging merah tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

The American Heart Association merekomendasikan bagi orang yang mengonsumsi lima sampai enam persen dari asupan lemak jenuh per hari biasanya bisa diganti dengan alternatif lain yaitu dengan sedikit mematangkan dagingnya agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari daging namun sedikit rendah lemak jenuh.

Atau jika benar-benar ingin menghindari dari daging merah, Anda bisa mengganti dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian atau produk susu rendah lemak agar penurunan berat badan bisa tercapai.

3. Makan apapun yang Anda suka ditambah makanan rendah indeks glikemik

Banyak orang hobi mengonsumsi sandwich gandum dengan telur dan keju. Masalahnya makanan ini bisa menaikkan berat badan Anda secara cepat. Perubahan pola makan yang bisa Anda coba adalah jika memakan apapun yang Anda suka, jangan lupa sertakan makanan ber-GI rendah sebagai asupan gizi pendukung.

Misalnya jika menyantap steak, maka jangan lupa setelahnya konsumsi apel atau buah-buahan lain ber-GI 51 ke bawah. Glikemik Indeks (GI) dibagi menjadi tiga yaitu rendah, sedang dan tinggi. GI rendah yaitu 51 ke bawah, sedang yaitu 52-69 dan tinggi dengan nilai 70 ke atas. Gunakan daftar ini pada lebih dari 100 makanan sehingga Anda bisa mencocokkan makanan mana yang tepat agar tak tersiksa ketika berdiet.

Baca juga: Ini Dia Pria yang Jadi Pelatih Fitness Setelah Pangkas Bobot 115 Kg


(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit