detikhealth

Awas Lho! Salah Ngeden, Ambeien Bisa Keluar Saat Angkat Beban

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 04/11/2015 20:02 WIB
Awas Lho! Salah Ngeden, Ambeien Bisa Keluar Saat Angkat BebanFoto: Getty Images
Jakarta, Olahraga terbukti bisa menjaga kesehatan saluran cerna. Namun kesalahan saat olahraga justru mencederai ujung saluran pencernaan, yakni memicu kekambuhan ambeien.

Ambeien atau wasir, atau hemorrhoid, sangat mungkin mengalami kekambuhan saat sedang berolahraga khususnya angkat beban. Menurut pakar, hal ini bisa terjadi jika dilakukan dengan teknik pernapasan yang salah.

"Kesalahan yang sering dilakukan adalah tahan napas saat mengangkat. Yang benar, saat mengangkat seharusnya buang napas," kata pakar kesehatan olahraga, dr Andi Kurniawan, SpKO dalam diskusi media di Resto Kembang Goela, Rabu (4/11/2015).

Baca juga: Percaya atau Tidak, Penampakan Feses Bisa Menggambarkan Suasana Hati

Menahan napas saat mengangkat beban, menurut dr Andi mendorong seseorang untuk mengejan. Saat mengejan, tekanan di perut bagian bawah sangat besar sehingga peredaran darah di daerah ujung saluran cerna meningkat. Pada titik tertentu, ambeien bisa keluar.

Sedangkan menurut pakar kesehatan saluran cerna, 'ngeden' atau mengejan sangat tidak dianjurkan karena bisa mencederai usus. Bukan hanya saat angkat beban, melainkan juga saat buang air besar (BAB). Ngeden saat BAB juga bisa memicu ambeien.

"Karena itu, BAB 1 menit selalu lebih baik daripada lebih dari 1 menit. Artinya harus lancar, tidak boleh ngeden," pungkas dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, pakar kesehatan saluran cerna dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Baca juga: Kurang Gerak? Awas, Lama-lama Jadi Susah BAB

(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit