detikhealth

Bibir Sehat Natural

Fungsi Bibir: Dipakai untuk Makan Hingga Bantu Cari Calon Pasangan

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 09:04 WIB
Fungsi Bibir: Dipakai untuk Makan Hingga Bantu Cari Calon PasanganFoto: thinkstock
Jakarta, Masalah kesehatan bibir untuk menjaganya tetap terlihat cerah merah natural mungkin bukan prioritas bagi sebagian besar orang. Perempuan mungkin memberikan perhatian ekstra pada bibirnya tetapi tak banyak yang seperti itu.

Padahal fungsi bibir tak bisa dianggap sepele. Disebut dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Center Denpasar bahwa bibir memegang peran penting terutama untuk bersosialisasi dan makan.

Bagaimana manusia bisa dengan lancar melafalkan kata dan membuat ekspresi di wajah semua bisa terjadi karena bibir. Oleh karena itu ketika kulit bibir alami gangguan seperti pecah-pecah bahkan sampai berdarah maka fungsi sosialisasi tbisa terhambat.

Terkait soal aktivitas makan, bibir punya mekanisme yang membuat manusia memiliki mekanisme menyedot yang sempurna. Ini penting terutama bagi bayi baru lahir yang secara insting akan menyedot mencari susu saat disodori puting ibunya.

"Fungsi bibir terutama adalah untuk mengisap, membantu dalam berbicara, menjaga agar makanan tidak tumpah keluar, serta berperanan untuk mendukung ekspresi manusia seperti tersenyum," papar pria yang akrab disapa dr Darma ini kepada detikHealth, Rabu (23/12/2015).

Sebuah penelitian di Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa bibir bisa berfungsi sebagai 'radar' untuk mencari pasangan. Dikutip dari BBC, lewat aktivitas berciuman lebih dari 50 persen para responden dalam penelitian bisa menilai apakah lawan jenis cocok atau tidak untuk dirinya.

Baca juga: Punya Bibir Merah Natural, Selain Tanda Sehat Juga Bisa Bikin Lebih Pede (fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit