detikhealth

Bibir Sehat Natural

Bibir Sering Kering Pecah-pecah, Harus Bagaimana?

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 10:05 WIB
Bibir Sering Kering Pecah-pecah, Harus Bagaimana?Foto: Thinkstock
Jakarta, Kulit bibir yang kering akan mudah berkembang menjadi pecah-pecah dan bila tak ditangani dengan segera maka bibir pun bisa berdarah. Bila sudah demikian tentu aktivitas seperti berbicara atau menyuap makanan menjadi sesuatu yang tak mengenakkan.

Mengapa kulit bibir bisa jadi kering? Dikatakan oleh dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Center Denpasar bibir kering umumnya terjadi karena alergi atau iritasi yang disebut dermatitis kontak alergi. Kontak antara kulit bibir dengan bahan tertentu disebut yang jadi pemicu reaksi alergi ini.

Baca juga: Fungsi Bibir: Dipakai untuk Makan Hingga Bantu Cari Calon Pasangan

"Seringkali orang tidak menyadari bahan apa yang menyebabkannya, namun umumnya disebabkan oleh penggunaan lipstik. Alergi umumnya terjadi lambat sehingga kadang tidak curiga dengan lipstik yang sudah sering dipakai," kata dr Darmaputra yang akrab disapa dr Darma kepada detikHealth, Rabu (23/12/2015).

Nah untuk mengatasinya dr Darma mengatakan hal yang paling penting adalah tahu dulu bahan apa yang menjadi pemicu alergi. Misalnya coba untuk sementara ganti produk lipstik yang biasa digunakan dan lihat apakah kondisi bibir yang kering tersebut membaik.

Untuk menjaga agar kondisi tak semakin parah produk pelembab bibir bisa dipakai. "Kalau keluhan kering dan pecah-pecah ringan, cukup menggunakan pelembab bibir. Pelembab bekerja untuk mencegah penguapan, dan melembutkan bibir," terang dr Darma.

Baca juga: Punya Bibir Merah Natural, Selain Tanda Sehat Juga Bisa Bikin Lebih Pede (fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit