detikhealth

Bibir Sehat Natural

Hal-hal Ini Bisa Buat Warna Bibir Jadi Hitam atau Pucat

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 13:06 WIB
Hal-hal Ini Bisa Buat Warna Bibir Jadi Hitam atau PucatFoto: Thinkstock
Jakarta, Bibir adalah salah satu bagian dari wajah yang akan menjadi perhatian saat seseorang berbincang dengan orang lain. Oleh karena itu tampil dengan bibir yang sehat berwarna merah natural bisa semakin menambah kepercayaan diri.

Namun demikian terkadang warna bibir bisa berubah menjadi pucat atau malah menghitam. Dijelaskan oleh dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Center Denpasar bahwa ada beberapa hal yang bisa jadi pemicunya.

Rokok dengan kandungan nikotinnya adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan bibir kehilangan rona cerah. Selain itu iritasi yang menyebabkan kulit pecah berulang juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Baca juga: Kalau Bibir Sudah Telanjur Berdarah, Begini Perawatannya

"Penyebab bibir kehitaman misalnya karena kandungan nikotin pada rokok, alergi dan iritasi yang lama atau berulang-ulang misalnya terjadi alergi terhadap pemakaian lipstik yang tanpa disadari terjadi kulit kering dan pecah berulang-ulang. Lama-lama akan sembuh menjadi kehitaman," kata pria yang akrab disapa dr Darma ini kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (23/12/2015).

Untuk bibir pucat, dr Darma menjelaskan bisa jadi karena seseorang kedinginan atau ketakutan. Ucapan populer 'takut sampai pucat pasi' sumbernya adalah karena saat takut pembuluh darah akan menyempit sehingga lebih sedikit darah yang mengalir ke bibir.

"Bibir adalah mukosa yang dibawahnya terdapat banyak pembuluh darah, jadi warnanya bisa pucat kalau pembuluh darahnya menyempit/vasokonstriksi misalnya saat ketakutan atau kedinginan," kata dr Darma.

Krim yang bisa mengangkat sel kulit mati dipermukaan bibir disarankan dr Darma bisa dipakai untuk membuat warna lebih cerah. Ditambah juga dengan penggunaan pelembab bibir untuk mengatasi kekeringan dan mencegah risiko timbulnya luka.

Baca juga: Stop! Kebiasaan Tarik Kulit Bibir Bisa Bikin Luka Berisiko Infeksi

(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit