detikhealth

Bibir Sehat Natural

Bibir Keriput? Mungkin karena Kurang Minum

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 19:09 WIB
Bibir Keriput? Mungkin karena Kurang MinumFoto: thinkstock
Jakarta, Kesehatan bibir dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti kebiasaan makan, kebiasaan merokok, juga termasuk bagaimana seseorang memenuhi kebutuhan hidrasinya. Malas minum air putih, efeknya bibir bisa jadi keriput.

Meskipun tampak sepele, namun kondisi tersebut tentu dapat membuat kepercayaan diri menurun dan bibir tampak tak sehat secara alami. Mengapa kurang minum bisa membuat bibir tampak keriput?

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin D&I Skin Center Denpasar, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, bibir dapat menjadi keriput karena kekurangan cairan karena di bawah kulit permukaan bibir banyak pembuluh darah.

Baca juga: Ada Bercak Hitam di Bibir? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Penyakit 

"Oleh sebab itu, keadaan seperti dehidrasi dapat memengaruhi kondisi bibir," tutur dr Darma kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (23/12/2015).

Nah, jika Anda sudah terlanjur memiliki bibir yang keriput maka sebaiknya segera atasi dengan menjaga asupan cairan tubuh setiap hari. dr Darma juga menyebutkan bahwa Anda bisa menggunakan pelembab khusus bibir untuk mengatasi bibir keriput.

Nah, selain dari konsumsi air putih, kecukupan hidrasi juga bisa dipenuhi dari buah dan sayur serta makanan lain yang mengandung air.

Pakar kesehatan dari Indiana University School of Medicine, Aaron E. Carroll, menyarankan seseorang untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari. Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan Anda sangat aktif melakukan kegiatan.

Baca juga: Bisa Berkembang Jadi Kanker, Jangan Anggap Remeh Bercak Putih di Mulut(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit