detikhealth

Hai Calon Ibu, Ini 7 Kunci Hamil Sehat Sampai Melahirkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Minggu, 25/09/2016 13:59 WIB
Hai Calon Ibu, Ini 7 Kunci Hamil Sehat Sampai MelahirkanFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Kehamilan adalah proses penting bagi seorang wanita. Nah, agar kehamilan tetap sehat dan terhindar dari masalah sampai waktunya melahirkan, ada beberapa trik penting yang perlu diterapkan.

Demikian disampaikan oleh dr Achmad Meidina, SpOG dalam workshop 'Healthy, Safety & Happy Mommy' yang diadakan di Nifarro Park, Jl Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2016).

Ia menyebutkan, meskipun kehamilan merupakan proses normal, namun tetap ada hal penting yang perlu diperhatikan supaya ibu hamil tetap sehat dan bugar. Apa saja?

Baca juga: Sudahkah Anda Memberikan Tempat Duduk untuk Ibu Hamil di Kendaraan Umum?



1. Jaga asupan makan
Janin di dalam kandungan memperoleh asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi ibunya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika tidak, janin berisiko mengalami gangguan pertumbuhan, mengganggu proses kelancaran kehamilan dan mengganggu kesehatan ibu sendiri.

2. Penuhi kebutuhan cairan
Pada kehamilan trimester akhir, tekanan uterus atau rahim ke kandung kemih meningkatkan dorongan untuk buang air kecil. Supaya terhindar dari dehidrasi, minumlah air putih minimal 2 liter per hari.

3. Tetap beraktivitas normal
Walaupun saat hamil cepat lelah, bukan berarti ibu hamil dianjurkan bermalas-malasan atau tidak melakukan apapun. "Lakukan saja aktivitas seperti biasa, terutama di usia kehamilan 36 minggu untuk membantu kelancaran proses persalinan," imbuh dr Meidina.

4. Istirahat
Supaya ibu hamil tidak cepat lelah, sebaiknya istirahat cukup selama 8-12 jam per malam. Jika ada waktu luang, disarankan juga untuk tidur siang selama 1-2 jam.

Baca juga: Makna Gambar Pelangi Berbentuk Hati yang Bikin Foto Ibu Hamil Ini Jadi Viral


5. Olahraga
Olahraga bisa dilakukan pada saat hamil jika tidak ada permasalahan kehamilan. Lakukan olahraga yang bersifat santai seperti jalan pagi, yoga dan berenang. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ragu.

6. Hindari stres
Sering stres saat hamil dapat berakibat buruk pada perkembangan janin. Oleh karena itu sebaiknya hindari stres sebisa mungkin. Perbanyak pikir positif serta lakukanlah kegiatan menyenangkan.



7. Jaga kebersihan tubuh
Menurut dr Achmad, pada masa kehamilan kebersihan tubuh merupakan hal penting yang juga harus dijaga. Tentunya untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Jangan lupa untuk tetap rutin mandi, mencuci tangan dan menyikat gigi. Jaga juga area organ intim untuk menghindari infeksi.(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close