detikhealth
Konsultasi Anak
dr. Meta Hanindita, SpA

Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

Ibu Baru yang Khawatir dengan Kesehatan Bayinya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 28/09/2016 16:04 WIB
Ibu Baru yang Khawatir dengan Kesehatan BayinyaFoto: Thinkstock
Jakarta, Dok, saya mau tanya nih. Saya ini kan baru jadi ibu, bayi saya baru umur 1,5 bulan. Dan dia tidak diimunisasi apapun selama ini, soalnya saya ngeri dan khawatir sama vaksin palsu.

Nah, pas bayi saya umur 4 minggu sampai sekarang dia pilek tapi nggak meler alias grok-grok hidungnya, batuk juga. Ya bisa dihitunglah Dok batuknya 2-3 kali sehari. Batuknya kering tapi ya nggak tahu itu batuk apa keselek, soalnya dia suka nyimpan susu di mulutnya.

Nah pertanyaan saya apakah bayi saya ada penyakit di paru-parunya ya Dok? Atau itu hal yang normal? Soalnya saya punya riwayat asma, tapi dia minum susunya kenceng banget Dok 2 jam sekali, jarang sekali nggak minum lebih dari 2 jam, kalau nggak bobok malam. Thank you Dok sudah dengerin curhatan ibu baru ini ya Dok.

Rachma (Wanita, 22 tahun)

Jawaban

Selamat sore Ibu, selamat ya atas status ibu barunya. Selamat melekan dan begadang hehe. Anyway Bu, sepatutnya Ibu tak perlu khawatir dengan vaksin palsu. Malah seharusnya yang Ibu lebih takutkan dan khawatirkan adalah kesehatan anak Ibu jika tidak mendapat imunisasi. Bawa anak Ibu untuk imunisasi di tempat yang Ibu percaya ya. Kalau Ibu masih khawatir, tanyakan dokter terkait untuk menjelaskan soal vaksin palsu.

Masalah grok-grok sebetulnya Ibu tak perlu khawatir. Dinding di saluran pernapasan kita memang akan menghasilkan lendir yang salah satu fungsinya untuk 'menangkap' zat asing dari udara yang kita hirup, yang bisa jadi menimbulkan gangguan napas. Biasanya, lendir ini (kalau sedikit) akan terbawa sampai ke tenggorokan, lalu kita telan.

Kalau jumlahnya banyak, refleks batuk akan terangsang. Nah, pada bayi yang baru lahir, mekanisme ini belum sempurna sehingga tersisa lendir dalam saluran napasnya. Bunyi grok-grok berasal dari suara udara napas yang melewati si lendir. Pada bayi yang keluarganya punya riwayat alergi, keadaan ini bisa lebih jelas, dan bisa diperparah dengan hal yang merangsang produksi lendir lebih banyak, misalnya tungau debu rumah, asap rokok, bulu binatang, dan debu.

Seiring bertambahnya umur, dan semakin sempurnanya sistem saluran napas anak, grok-grok ini bisa hilang sendiri. Tidak berbahaya kok. Jangan khawatir ya! Dan jangan takut dengan imunisasi.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit