detikhealth
Konsultasi Anak
dr. Meta Hanindita, SpA

Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

Nafsu Makan Hilang dan Anus Gatal, Gejala Anak Alami Cacingan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 28/12/2016 17:18 WIB
Nafsu Makan Hilang dan Anus Gatal, Gejala Anak Alami Cacingan?Foto: Thinkstock
Jakarta, Dok, saya mau tanya tentang cacingan pada anak. Anak saya sebulan yang lalu menunjukkan gejala cacingan (nafsu makan hilang, tiba-tiba suka memasukkan benda ke mulut, anusnya gatal, fesesnya lembek berwarna pucat).

Saya berikn obat cacing c*****n dan setelah itu keluhannya hilang. Tapi sebulan kemudian gejala itu kembali muncul dan saya bingung untuk memberikan obat. Sebenarnya berapa bulan sekali anak boleh minum obat cacing? Kenapa anak saya mudah cacingan padahal saya sdah berusaha jaga kebersihan.

Apa karena suka makan lauk (ikan, ayam, telur) dan kurang nasi juga berpengaruh? Atau ada faktor lain Dok? Bila ada obat tradisional, mohon ditunjukkan resep dan caranya Dok. Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Sa'diyah (Wanita, 25 tahun)

Jawaban

Halo Bu, untuk mengatakan seorang anak cacingan, harus dilakukan pemeriksaan feses terlebih dahulu yang menemukan memang ada cacing. Saya baca dari cerita Ibu, sepertinya Ibu tidak melihat sendiri adanya cacing ya? Dan belum juga dilakukan pemeriksaan feses.

Gejala yang anak Ibu alami bisa saja karena penyakit lain, dan bukan cacingan. Sebaiknya, periksakan dulu ke dokter untuk mengetahui benar apa penyakit yang anak Ibu derita sehingga pengobatannya akan lebih terarah. Terimakasih.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit