detikhealth

Jelang Remaja, Kebutuhan Gizi Anak Laki-laki dan Perempuan Berbeda

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Jumat, 27/01/2017 14:43 WIB
Jelang Remaja, Kebutuhan Gizi Anak Laki-laki dan Perempuan BerbedaFoto: Thinkstock
Jakarta, Setiap orang tua pasti ingin memenuhi kebutuhan anakl dengan berbagai jenis makanan. Tapi ingat ya Ayah dan Bunda, memasuki masa remaja, kebutuhan gizi setiap anak laki-laki dan perempuan berbeda lho.

Menurut Dr Marudut, MPS dari Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), kebutuhan gizi anak laki-laki dan perempuan menjelang remaja berbeda karena terkait usia dan ukuran tubuh.

"Semua sesuai usia dan ukuran tubuh anak. Kalau umur sekian maka kebutuhannya sekian. Hal tersebut ada di tabel angka kecukupan gizi (AKG)," ucap Marudut kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ini Dia Macam-macam Nutrisi untuk Otak

Ia menjelaskan, anak laki-laki memiliki kebutuhan gizi yang lebih besar dibandingkan anak perempuan. Karena anak laki-laki memiliki postur tubuh yang lebih besar dan metabolisme yang lebih tinggi dibandingan dengan anak perempuan.

"Anak laki-laki juga lebih aktif bergerak dibandingkan anak perempuan. Sehingga kebutuhan protein menjadi lebih banyak," ucap pria yang juga dosen di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II ini.

Marudut memberi contoh, kebutuhan gizi anak perempuan pada masa pertumbuhan memiliki rata-rata 2.125 kkal. Sementara untuk anak laki-laki membutuhkan gizi sebanyak 2.475 kkal.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang 2014, pada anak-anak usia 6 hingga 9 tahun sudah mulai memasuki masa pertumbuhan cepat pra-pubertas. Karena itu kebutuhan terhadap zat gizi mulai meningkat secara bermakna.

Sedangkan untuk usia 10 hingga 19 tahun merupakan peralihan dari anak-anak menjadi
remaja muda sampai dewasa. Untuk itu, kebutuhan gizi di kelompok ini perlu memperhatikan kebiasaan anak dan perhatian pada penampilan fisik. Pemenuhan gizi seimbang juga merupakan hal penting sebagai persiapan kehamilan saat anak-anak perempuan ini sudah menjadi perempuan dewasa.

Baca juga: Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Gizi Anak di Usia Balita

dr Med Damar Prasmusinto SpOG(K), pakar fetomaternal dari RS Cipto Mangunkusumo beberapa waktu lalu menuturkan khusus untuk perempuan, pemenuhan zat besi untuk persiapaka hamil harus diupayakan sejak masih remaja. Seperti diketahui, zat besi turut memengaruhi perkembangan janin di kandungan.

"Ibaratnya ibu yang memiliki tabungan zat besi lebih banyak kan lebih baik, dibanding dengan yang tabungan zat besinya sedikit," tutur dr Damar.(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close