detikhealth

Telat Haid Tapi Testpack Negatif? Ini yang Sebaiknya Dilakukan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 07/02/2017 07:01 WIB
Telat Haid Tapi Testpack Negatif? Ini yang Sebaiknya DilakukanFoto: thinkstock
Jakarta, Saat telat haid tapi testpack negatif, bukan berarti lantas Anda 'aman' lho. Hasil ini baiknya tetap dikonsultasikan ke dokter untuk dicari tahu apakah Anda hamil tapi belum terdeteksi, atau ada gangguan sehingga haid jadi datang terlambat.

Seperti diketahui, pemeriksaan kehamilan dengan testpack umumnya memiliki batas 'pembacaan' kadar HcG, sehingga bisa saja keliru. Kadar HcG sendiri semakin meningkat seiring perkembangan janin, misalnya pada kehamilan minggu ketiga, biasanya kadar HcG masih kurang dari 5 mIU/ml, sehingga sulit dideteksi oleh testpack melalui urine.

Pada fase tersebut, hasil testpack biasanya akan negatif padahal mungkin Anda sebenarnya sudah hamil. Hanya saja, kadar HcG yang ada di urine masih terlalu rendah untuk 'dibaca' oleh testpack.

Baca juga: 6 Penyebab Munculnya Hasil 'Positif Palsu' di Testpack

"Hanya saja, bila testpack negatif namun Anda belum haid juga segera ke dokter untuk USG dan tes HcG darah (sesuai indikasi). Sebab bila memang hamil maka harus dipastikan ada atau tidaknya kantong kehamilan," tutur dr Erza.

Jika memang ditemukan ada kantong kehamilan, dengan diperiksa ke dokter maka bisa dipastikan di mana letaknya. Ada kemungkinan kehamilan terjadi di luar rahim alias hamil ektopik.

"Hamil di luar rahim dapat terdeteksi sejak awal bila kita waspada. Demikian juga bila kehamilan mengalami kegagalan pertumbuhan. Fenomena-fenomena itu dapat dideteksi dari awal bila Anda memeriksakan diri ke dokter," pesan dr Erza.

Sebaliknya, bila Anda tidak hamil, maka dengan memeriksakan diri ke dokter Anda dapat mencari tahu apa penyebab telat haid tersebut supaya mendapatkan penanganan yang baik sejak awal.

"Masalah kesehatan wanita memang kompleks, namun akan menjadi sederhana bila kita waspada dan mau memeriksakan diri ke dokter," imbuhnya.

Baca juga: Testpack Juga Bisa Positif Meski Keguguran di Awal Kehamilan(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit