detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Semangat Bercinta Padam, Mengapa?

Selasa, 07/02/2017 18:15 WIB
Semangat Bercinta Padam, Mengapa?Foto: thinkstock
Malam Dok, saya pria 42 tahun telah menikah selama 17 tahun. Selama ini rumah tangga saya baik-baik saja dan hubungan seks dengan istri harmonis.

Saya pulang seminggu sekali, sebulan ini saya mendapatkan masalah, hilangnya semangat bercinta dan ereksi saya kurang. Kalau pun bangun pasti nggak lama. Saya jadi khawatir dengan kondisi ini.

Saya tidak merokok dan minum minuman keras atau narkoba, olahraga rutin, setiap pagi jogging. Apa yang saya harus lakukan Dok? Kalau berobat, ke spesialis apa? Atas bantuanya saya ucapkan terimakasih.

A (Pria, 42 tahun)

Jawaban

Dari uraian keluhan Anda, libido atau dorongan seksual menurun dan ereksi penis kurang kuat, petunjuk terjadinya penurunan kadar hormon testosteron Anda. Hal ini bisa diketahui dengan pemeriksaan kadar 'free testosteron' darah di laboratorium klinik.

Mengingat usia Anda sudah mencapai kepala 4, dianjurkan Anda melakukan general check-up untuk mendeteksi apakah Anda mengidap penyakit-penyakit kronis: kencing manis, darah tinggi, peningkatan kadar lemak darah.

Penyakit kronis tersebut bisa memicu terjadinya penurunan libido, disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Untuk konsultasi lebih lanjut, silakan Anda melakukan pemeriksaan di klinik dokter spesialis penyakit dalam dan urologi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit