detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Kondom Terlepas Saat Bercinta, Apakah Bisa Hamil?

Kamis, 09/02/2017 18:25 WIB
Kondom Terlepas Saat Bercinta, Apakah Bisa Hamil?Foto: detikcom
Dokter, saya dan suami belum berencana untuk memiliki momongan. Oleh karena itu kami selalu menggunakan kondom saat berhubungan, karena dianggap sebagai kontrasepsi yang paling aman.

Beberapa waktu lalu, kondom yang dipakai suami sempat tertinggal dalam Miss V saya setelah ejakulasi, sampai akhirnya bisa dikeluarkan dalam kondisi masih baik. Namun cairan sperma suami saya tertumpah di area Miss V dan ke tempat tidur. Melihat kejadian itu saya langsung bergegas ke toilet untuk bersihkan area Miss V saya.

Tak lama saya pun langsung minum-minuman bersoda, apakah itu bisa berpengaruh untuk menghindari terjadinya kehamilan Dok? Apakah saya bisa hamil karena kejadian tersebut? Jika saya hitung pada saat kejadian itu, saya pada masa subur. Kontrasepsi apakah yang paling aman, mengingat saya tidak mau mengonsumsi obat-obatan ataupun memasukkan sesuatu ke vagina saya? Terimakasih atas bantuan sebelumnya Dok.

A (Wanita, 21 tahun)

Jawaban

Kontrasepsi kondom relatif aman, bila kondom tidak bocor dan sperma tidak tumpah di dalam vagina karena kondom tertinggal dalam vagina seperti yang Anda alami.

Karena hal ini terjadi saat Anda dalam periode subur, maka kemungkinan terjadinya kehamilan yang harus Anda terima dengan ikhlas. Bukankah ada pepatah spiritual yang berujar sebagai berikut: 'Man proposes but God disposes' (Manusia punya bisa tapi Tuhan Yang Maha Esa yang punya kuasa). Minuman bersoda tidak bisa mencegah terjadinya kehamilan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit