detikhealth

Kepedulian pada Lingkungan Mengantar Gadis Cilik Ini ke Tokyo

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 23/02/2017 08:35 WIB
Kepedulian pada Lingkungan Mengantar Gadis Cilik Ini ke TokyoFoto: radian
Jakarta, Viola Arielle Suliandy (12) sudah peduli pada lingkungan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Melalui lukisan, Viola menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan. Tak disangka, ia pun berhasil ke Tokyo berkat lukisan itu.

Ya, baru-baru ini Viola berhasil menjuarai salah satu painting contest tingkat internasional, 'Eco Together' yang digagas oleh PT KAO. Sebagai salah satu pemenang, Viola pun berkesempatan pergi ke Tokyo, Jepang selama 4 hari 3 malam.

Lukisan yang dibuat Viola menggambarkan drama di mana anak-anak berperan sebagai tumbuhan dan ekosistem di sebuah lingkungan. Menurut Viola, ada banyak cara untuk menyampaikan bahwa lingkungan bisa diselamatkan. Salah satunya, dengan berpura-pura jadi alamnya sendiri.

"Kita bisa merasakan misal kita jadi pohon terus dipotong atau ditebang, dibakar," kata Viola dalam kunjungannya bersama PT KAO ke kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Dengan lukisan tersebut, Viola berharap orang-orang bisa lebih sadar untuk menyelamatkan alam. Ide membuat lukisan berupa tayangan drama awalnya muncul di benak Viola bagaimana jika ia membuat gambar orang dengan kostum pohon atau tumbuhan.

Baca juga: Jangan Terlalu Khawatir Ya Saat Anak Main 'Kotor-kotoran'

Nah, butuh waktu sekitar 2 jam bagi Viola untuk menyelesaikan. Sang ibu, Lily mengatakan sejak kecil Viola memang sudah memiliki bakat melukis. Ia lantas mengikutkan Viola ke sanggar lukis. Pasca menjuarai kontes ini, Viola mengaku lebih cinta pada lingkungan.

"Dulu aku sering metik bunga sembarangan, dimainin terus dibuang. Sekarang nggak lagi, lebih cinta sama lingkungan. Kalau di sekolah teman-teman sih udah pada peduli lingkungan. Kalau di rumah adik aku yang masih suka metikin bunga, kadang aku kasih tahu kalau itu nggak boleh," kata gadis cilik yang bercita-cita menjadi fashion designer ini.

Selama di Tokyo, pengalaman paling mengesankan bagi Viola dalah ketika ia menerima penghargaan di depan anak-anak lain yang berasal dari banyak negara. Hadir dalam kesempatan sama, Corporate Communication Associate Manager PT KAO Indonesia, Ni Luh Putu Utamai Arsaningrum mengatakan kontes ini diselenggarakan supaya sedini mungkin anak bisa berpikir soal lingkungan.

Kemudian, supaya bagaimana anak bisa melestarikan dan menjaga lingkungan. Diharapkan, dengan begitu tertanam di benak anak untuk mencintai lingkungannya dan dia bisa mengajak orang di sekitarnya untuk lebih peduli pada lingkungan.

"Supaya anak lebih fun dan antusias, dibuat dalam bentuk painting contest. Yang dilihat nggak cuma bagus tidaknya gambar tapi juga apa sih message di balik lukisan itu. Kami juga punya program Anak KAO (Kreatif Aktif Optimis) untuk mengajarkan cara hidup sehat ke anak. Misalnya gimana cara gosok gigi dan mandi yang benar," terang wanita yang akrab disapa Tami ini.

Kepedulian pada Lingkungan Mengantar Gadis Cilik Ini ke TokyoFoto: radian


"Kita menekankan menjaga personal hygiene penting tapi itu percuma kalau lingkungannya masih kotor. Sehingga, kita juga mau mengembangkan bagaimana sih lingkungan yang bersih dan pemikiran itu bisa dituangkan anak dalam bentuk lukisan," pungkas Tami.

Baca juga: Salahkah Jika Anak Laki-laki Diajari Memasak dan Beres-beres Rumah?(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit