detikhealth

Terbukti, Jalan Kaki Bisa Perbaiki Disfungsi Ereksi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 08/03/2017 11:02 WIB
Terbukti, Jalan Kaki Bisa Perbaiki Disfungsi EreksiFoto: thinkstock
Jakarta, Satu lagi alasan untuk mengurangi duduk-duduk sepanjang hari. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa jalan kaki bisa mengurangi risiko disfungsi ereksi pada kaum laki-laki.

Salah satunya seperti yang diterbitkan di jurnal Urology pada 2000 silam. Dalam penelitian yang melibatkan 600 laki-laki tersebut, risiko disfungsi ereksi teramati lebih rendah pada partisipan yang memiliki kebiasaan jalan kaki dalam 9 tahun terakhir.

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa berhenti merokok, menurunkan berat badan, serta mengurangi asupan alkohol bisa memberikan efek serupa. Artinya, jalan kaki sama sehatnya dengan berbagai modifikasi gaya hidup tersebut.

Baca juga: Asal Kuat Ngos-ngosan, Olahraga Super Singkat Ini Diklaim Sangat Bermanfaat

Penelitian yang lain dilakukan tahun 2015 dan dipublikasikan di American Journal of Cardiology. Pada partisipan yang mengalami infark myocardial akut, risiko disfungsi ereksi berkurang ketika menjalankan program olahraga yang antara lain mencakup home walking.

Dikutip dari NYdailynews, berbagai penelitian tersebut menyiratkan bahwa jalan kaki adalah cara mudah untuk menangkal disfungsi ereksi. Dalam kecepatan sedang, jalan kaki sejauh 2 mile atau sekitar 3 km hanya butuh waktu sekitar 30-45 menit.

Baca juga: Butuh Jalan Kaki Sejauh Ini untuk Imbangi Risiko Duduk Terlalu Lama (up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close