detikhealth

Alasan Anak Lebih Sulit Makan Buah dan Sayur

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 09/03/2017 18:34 WIB
Alasan Anak Lebih Sulit Makan Buah dan SayurFoto: thinkstock
Jakarta, Dibandingkan dengan bahan makanan yang lain, anak cenderung lebih sulit untuk menerima pola konsumsi buah dan sayur. Padahal kebiasaan mengonsumsi bahan makanan tersebut penting untuk menjaga kesehatan dan juga pertumbuhan anak.

Mengapa sepertinya anak lebih sulit untuk menerima buah dan sayur? Menurut konsultan gastrohepatologi anak dr Frieda Handayani Kawanto, SpA (K), dari RS Evasari kemungkinan bisa karena dua faktor.

Pertama ada faktor dari tekstur serta rasa. Kebanyakan dari buah dan sayur memiliki tekstur keras dengan rasa yang cenderung hambar sehingga mungkin tidak menarik untuk anak-anak kecil.

"Dari segi rasa kan memang hambar yah. Terus kalau digigit cruncy keluarin enzim ada lendir-lendir sedikit, jadinya kalau nggak biasa mungkin bakal 'iiih' gitu," kata dr Frieda dalam acara Healty Eating Habbit di Restoran Bebek Bengil, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

Faktor kedua yang membuat anak sulit menerima buah dan sayur adalah orang tua tidak membiasakan sejak dini. Ketika anak sudah dikenalkan dini contohnya dengan memasukkan buah atau sayur pada makanan pendamping air susu ibu (MPASI) di usia enam bulan dan seterusnya maka ke depannya tidak akan ada masalah penolakan.

Baca juga: Makanan 'Dimain-mainkan' Justru Bantu Anak Doyan Makan Sayur

dr Frida mengatakan seringkali orang tua memanjakan anak memberi makanan ringan yang mudah didapat namun kandungan gizi dan nutrisinya buruk. Dampaknya semakin dewasa anak maka akan semakin sulit juga menerima konsumsi buah dan sayur.

Ditemui dalam acara yang sama psikolog Anna Surti Ariani, SPsi, MSi, yang akrab disapa Nina menambahkan bahwa anak bisa juga sulit menerima buah dan sayur karena trauma. Ketika orang tua memaksa bahkan hingga mengancam anak agar mau makan maka hal tersebut akan berdampak negatif.

"Generasi kita jaman dulu banget kan ya kalau anak nggak mau makan sayur terus kemudian langsung deh didudukan dipangkuan 'makan gak! Makan gak!'. Malah ada yang dipaksa disuap ke dalam mulut. Akhirnya anak justru akan semakin tidak suka dengan buah dan sayur," tutup Nina.

Baca juga: Supaya Nutrisi Mi Instan Bertambah, Tambahkan Asupan Ini Ya(fds/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit