Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Kenali Penyebab Janin Sungsang

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 13/03/2017 07:00 WIB
Kenali Penyebab Janin SungsangFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Posisi sungsang merupakan salah satu keadaan yang ditakutkan oleh wanita yang sedang hamil dikarenakan hal ini dapat berisiko terhadap janin yang dikandungnya terutama pada saat melahirkan. Lalu, apa ya yang penyebab posisi janin menjadi sungsang?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD dr Soetomo - Universitas Airlangga, Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, menerangkan bahwa secara umum saat kehamilan muda posisi sungsang terjadi sangat sering karena janin melayang-layang akibat jumlah cairan ketuban masih sangat banyak.

"Kemungkinan janin posisi sungsang menurun seiring makin besarnya usia kehamilan. Sekitar 20-25 persen janin posisinya sungsang di bawah usia 28 minggu, menurun hingga 7-16 persen saat usia 32 minggu dan hanya tersisa 3-4 persen saja tetap dalam posisi sungsang pada usia 9 bulan," terangnya.

Baca juga: Hai Bunda, Yuk Kenali Posisi Janin Sungsang dan Cara Mengatasinya

Disampaikan dr Hari, dari penelitian terdahulu dikatakan kemungkinan perputaran spontan dari sungsang menjadi letak kepala di atas sekitar 25 persen pada usia 36 minggu. Hal ini kemungkinan menurun dengan berbagai keadaan seperti cairan ketuban yang sedikit, tali pusat yang pendek, anak pertama, kaki janin memasuki pintu panggul dan adanya kelainan janin atau rahim.


Kemudian, lanjut dr Hari, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko janin posisi sungsang, antara lain yaitu kelainan anatomi rahim, adanya tumor dalam rahim seperti myoma uteri, kelainan letak plasenta, cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit, panggul sempit, serta kelainan janin.

"Selain itu bisa juga karena semakin seringnya hamil, contoh anak ke-4 lebih tinggi risiko sungsang dibanding anak ke-2, dan seterusnya," pungkas dr Hari.

Baca juga: Risiko yang Bisa Terjadi Saat Bayi Sungsang Lahir Melalui Persalinan Normal

Pada kesempatan terpisah, dr Aryando Pradana, SpOG dari RSIA Bunda Menteng menambahkan, janin posisi sungsang memiliki risiko mortalitas dan morbiditas yang lebih tinggi dalam persalinan normal. Maka itu, sebagian besar janin letak sungsang disarankan untuk dilahirkan melalui operasi caesar.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit