Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Makna di Balik Anjuran 'Minumlah Air Putih Saat Bangun Tidur'

Nurvita Indarini - detikHealth
Rabu, 15/03/2017 19:58 WIB
Makna di Balik Anjuran Minumlah Air Putih Saat Bangun TidurFoto: iStock
Jakarta, Mungkin Anda pernah mendengar anjuran untuk minum air putih sesaat setelah bangun tidur. Sebenarnya apa makna di balik anjuran ini ya?

Angela Lemond, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menuturkan dirinya pernah mendengar anjuran untuk minum dua gelas air putih sesaat setelah bangun tidur. Konon minum air putih saat perut kosong bisa membantu mendapatkan sistem pencernaan yang lebih baik.

Menurutnya belum ada studi yang membenarkannya, akan tetapi menurut 'biochemical sense', hal ini bisa jadi ada manfaatnya. "Tubuh kita cukup kering ketika kita bangun di pagi hari. Sehingga minum beberapa gelas air bisa membuat tubuh kita rehidrasi yang memungkinkan pencernaan menjadi lebih baik kondisinya saat kita makan," kata Angela, dikutip dari USA Today.

Baca juga: Jangan Malas Minum Air Putih, Ginjal Bisa Menderita

Ditambahkan Angela, jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik maka proses tubuh tidak akan bekerja dengan efisien.

Alissa Rumsey pakar diet dari Academy of Nutrition and Dietetics di New York menimpali jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik sehingga yang bersangkutan dehidrasi, sering kali disalahartikan otak dengan kelaparan. Sehingga bukannya air yang diasup melainkan makanan. Alhasil terjadilah overeating.

"Setelah tidur semalaman, kita bangun di pagi hari dengan kondisi dehidrasi ringan. Memulai hari dengan dua gelas air setelah bangun tidur bisa menjadi cara terbaik menghidrasi tubuh," ucap Alissa.

Kata Alissa, minum cukup air penting apapun kondisi cuacanya. Meskipun hari sedang dingin sekalipun, tubuh tetap membutuhkan pasokan air yang cukup.

dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus beberapa waktu lalu juga mengamini memulai hari dengan minum air putih adalah kebiasaan yang baik. Akan tetapi soal jumlahnya tidak bisa disamakan untuk semua orang.

"Jangan kebanyakan juga. Yang paling nyaman seberapa, nanti pelan-pelan bisa ditambah mungkin sampai bisa 2 gelas. Karena kalau kebanyakan bisa bikin mual. Kalau mual bia muncul sensasi tidak nyaman, bisa jadi muntah, sehingga kapok dan tidak mau minum air putih lagi," papar dr Akbari.

Baca juga: Perbanyak Minum Air Putih Berdampak Signifikan pada Penurunan Bobot?


(vit/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit