detikhealth

Bagian Tengah Mata Wanita Ini Seperti Berapi-api, Ada Apa Ya?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Minggu, 19/03/2017 08:05 WIB
Bagian Tengah Mata Wanita Ini Seperti Berapi-api, Ada Apa Ya?Foto: The New England Journal of Medicine
Jakarta, Permukaan mata seharusnya pipih dan rata, termasuk pada irisnya. Namun pada kasus tertentu, ada orang yang mengalami kondisi iris yang berbeda.

Adalah tim dokter dari China yang terkejut melihat iris mata seorang wanita berusia 37 tahun. Irisnya tidaklah rata, melainkan dikelilingi semacam lingkaran menonjol.

Namanya 'protruding iris collarette', sejatinya hanyalah variasi dari salah satu bagian dari iris yang disebut collarette.

"Collarette ini berada di bagian tengah iris, di antara pupil dan limbus atau bagian terluar dari iris, di mana setelahnya adalah bagian putih mata," jelas Dr Andrea Thau dari American Optometric Association menanggapi temuan kasus ini.

Hanya saja, collarette pada iris wanita ini terlihat sangat menonjol. "Biasanya pada orang-orang dengan kondisi seperti ini, lingkaran collarette-nya tidak akan semenonjol ini," kata Thau seperti dilaporkan Livescience.

Ia sendiri mengaku bukan kali pertama ini melihat collarette seseorang tampak menonjol, sehingga ini tidak tergolong sebagai kasus langka.

Selain itu, penyebab collarette seseorang bisa menonjol tidak banyak diketahui oleh pakar. Menurut Thau, orang-orang dengan kondisi ini memang terlahir dalam keadaan iris sudah seperti itu.

"Untungnya kondisi ini tidaklah membahayakan dan tidak ada hubungannya dengan masalah penglihatan apapun," tambahnya.

Baca juga: Risiko-risiko Penyakit Bisa Diteropong dari Warna Iris Mata

Begitu pula yang terjadi pada wanita asal China yang dirahasiakan identitasnya tersebut. Kebetulan ia berkunjung ke dokter karena matanya gatal dan berair, yang belakangan diketahui karena alergi.

Hanya saja karena bentuk iris matanya tidak lazim ditemukan pada pasien di rumah sakit tersebut, kasusnya pun dilaporkan oleh tim dokter dan dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine baru-baru ini.

Faktanya, salah satu dokter yang menangani kasus ini, Dr Lingyi Liang dari Zhongshan Ophthalmic Center menegaskan, selain alergi, mata wanita tersebut dipastikan sehat-sehat saja, begitu juga dengan kemampuan penglihatannya.

Tim dokter lantas memberi wanita itu obat alergi untuk matanya yang gatal dan memastikan kepadanya bahwa fitur mata yang dimiliki wanita tersebut bukanlah sebuah masalah besar. Menarik ya!

Baca juga: Unik! Orang-orang Ini Terlahir dengan Dua Warna Mata Berbeda (lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit