detikhealth

Begini Trik Redakan Stres dalam 3 Menit, Mau Coba?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 20/03/2017 10:26 WIB
Begini Trik Redakan Stres dalam 3 Menit, Mau Coba?Foto: Thinkstock
Jakarta, Stres bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk saat sedang bekerja. Untuk 'pertolongan pertama' meredakan stres ini, ada trik yang bisa dilakukan dan butuh waktu tiga menit saja. Seperti apa?

Pakar meditasi Emmy-Lou Knowles mengatakan upaya meredakan stres bisa dilakukan dalam waktu tiga menit saja. Ketika seseorang merasa khawatir dan stres, yang diperlukan adalah ruang sementara.

"Anda tidak membutuhkan aromaterapi tertentu, lilin, atau duduk bersila di lantau. Marilah kita realistis. Yang perlu Anda lakukan yakni menutup mata atau melihat dengan fokus sebuah titik di hadapan Anda, dengan kaki datar menapak di lantai," kata Knowles kepada Daily Mail.

Cara ini, kata dia, pastinya lebih mudah dilakukan ketika Anda ada di meja kantor bukan? Langkah selanjutnya, fokuslah dengan menarik napas dalam melalui hidung, kemudian hembuskan napas dengan adanya desahan.

Baca juga: Asal Terkontrol, Stres Juga Berikan 5 Manfaat Ini Bagi Tubuh

"Mendesah merupakan cara luar biasa dan efektif untuk memberi tahu tubuh bahwa kita perlu 'mereset' pikiran, perasaan, dan tubuh kita. Agar stres mereda, Anda perlu mengulanginya delapan kali sampai Anda merasa lebih baik," tutur Knowles.

Bukan rahasia lagi jika stres berdampak buruk bagi tubuh. Ketika stres, tubuh akan memasuki fase berbeda yang mengikis kemampuan imun untuk menjaga tubuh dari berbagai virus dan bakerti yang masuk. Dikutip dari Time, dengan menurunnya kekebalan tubuh, seseorang juga jadi rentan mengalami insomnia, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan masalah pencernaan.

"Anda dapat mengurangi efek negatif stres dengan cara sederhana. Salah satunya menarik napas dalam dan lambat. Membiasakan diri olahraga teratur juga bisa bermanfaat, misalnya dengan melakukan yoga. Diet sehat juga bisa jadi salah satu cara efektif menjaga imunitas tubuh," tutur pakar kesehatan Gail Saltz.

Baca juga: Hindari Stres Kalau Tak Ingin Gemuk(rdn/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close