detikhealth

Jangan Lupakan Hal Ini Saat Hendak Pakaikan Bayi Baru Lahir Dispo Diaper

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 20/03/2017 13:04 WIB
Jangan Lupakan Hal Ini Saat Hendak Pakaikan Bayi Baru Lahir Dispo DiaperFoto: Thinkstock
Jakarta, Penggunaan popok sekali pakai atau dispo diaper memang memudahkan, misalnya ibu dan ayah tak perlu bolak-balik menggantikan popok anak ketika dia pipis. Namun, jika Ibu hendak memakaikannya pada si kecil yang baru lahir, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dan tak boleh dilupakan.

dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC dari Tiga Generasi mengatakan dispo diaper boleh-boleh saja digunakan pada bayi baru lahir. Terlebih, di pasaran juga sudah tersedia beragam pilihan dispo diaper, tergantung keputusan masing-masing orang tua dalam pemilihannya.

"Pemakaian popok sekali pakai itu kuncinya tiga jam, paling lama empat jam, mau bersih mau kotor, pokoknya diganti karena itu sudah lembap," kata dr Wi ditemui usai Media Gathering 'Life Style Solutions Tropical Party' yang diadakan Tiga Generasi dan Gabag di Titan Center, Bintaro, Tangerang, batu-baru ini.

Begitupun di malam hari, maka sudah sepatutnya orang tua mengingat jam berapa waktunya popok sekali pakai si kecil diganti. Ketika popok sekali pakai terlalu lama diganti, terlebih ketika sudah penuh dengan air kencing ditambah adanya feses, lama-lama bisa memicu iritasi pada kulit anak, mengingat kulit anak masih sensitif.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Agar Kulit Kepala Bayi Tak Gampang Iritasi

"Anjuran mengganti dispo diaper tiap tiga sampai empat jam sekali berlaku sampai anaknya lebih besar lah ya, misalnya usia 1 tahun, karena sayang kan kulitnya. Kalau anak umur 3 tahun masih pakai dispo diaper, berarti toilet training-nya kurang bagus," kata dr Wi.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan sebetulnya tidak ada rekomendasi khusus untuk pemakaian dispo diaper. Jadi, pemakaiannya bebas saja terserah keluarga.

"Mau pakai disposable diaper sejak lahir pun boleh saja kok. Yang penting, sering diganti dan pastikan kebersihan area sekitar. Perhatikan juga tanda iritasi seperti muncul ruam kemerahan atau gatal di sekitar genital. Sebaiknya stop penggunaan dispo diaper-nya," kata dr Meta.

Pertolongan pertama untuk mengatasi ruam akibat iritasi saat memakai dispo diaper, bisa diberi krim khusus, seperti krim khusus diaper rash di area yang muncul ruam. Tapi, jika ibu ragu atau kondisi anak tak kunjung membaik, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter.

Baca juga: Bercak Mirip Panu di Kulit Bayi, Bolehkah Diolesi Bawang Putih?

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit