detikhealth

Kuping Mendadak Gatal? Begini Cara Mengatasinya yang Dianjurkan Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 20/03/2017 16:35 WIB
Kuping Mendadak Gatal? Begini Cara Mengatasinya yang Dianjurkan DokterFoto: Thinkstock
Jakarta,

Pernahkah Anda mengalami kuping terasa gatal tak tertahankan tiba-tiba? Sebagian besar orang untuk menghadapinya mungkin akan segera mengorek kuping, namun cara tersebut oleh para ahli tak dianjurkan.

Alasannya pertama karena dengan mengorek kuping akan ada risiko terjadinya luka terlebih bila dengan menggunakan sesuatu yang tajam seperti kuku. Kedua bisa juga kotoran kuping malah menjadi terdorong semakin dalam hingga akhirnya menumpuk menyebabkan gangguan pendengaran.

dr Soekirman Soekin, SpTHT-KL, dari Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) mengatakan cara teraman untuk telinga yang gatal adalah dengan menggoyangkannya. Secara alami kotoran kuping bisa keluar juga sebetulnya berkat gerakan rahang ketika berbicara atau mengunyah menggoyangkan saluran telinga.

"Kita kan ada anak kuping nih, itu bisa digoyangkan kalau kita gatal," ungkap dr Soekirman ketika ditemui pada acara temu media Hari Pendengaran Sedunia di kantor P2P Kementerian Kesehatan, Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

"Tapi kalau gatal sekali mengganggu kita tentu itu sebaiknya dicek ke dokter. Penyebabnya macam-macam mungkin memang ada kotoran, jamur, alergi, atau benda lain yang masuk dan kita enggak sadar," lanjut dr Soekirman.

Baca juga: Angka Ketulian di Maluku Tinggi, Karena Banyak Penyelam?

Kasus jamur di telinga biasanya terjadi ketika bagian telinga sering lembap kemasukkan air. Air yang masuk ke dalam telinga akan bercampur dengan getah telinga atau serumen sehingga sulit untuk keluar lagi membuat lingkungan yang disukai oleh jamur.

Sementara itu untuk alergi biasanya terjadi ketika seseorang bersin atau batuk. Penjelasannya di dalam telinga ada saluran tuba eustachius yang menghubungkannya dengan mulut dan hidung sehingga ketika batuk atau bersin ada kemungkinan alergen masuk ke telinga menimbulkan reaksi.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Air yang Masuk Telinga Saat Berenang(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit