detikhealth

Ingat, Ibu Batuk Pilek Tetap Bisa Menyusui si Kecil Kok

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 20/03/2017 17:30 WIB
Ingat, Ibu Batuk Pilek Tetap Bisa Menyusui si Kecil KokFoto: thinkstock
Jakarta, Kekhawatiran ibu dalam proses menyusui bisa saja muncul ketika ibu sedang sakit. Bahkan ketika ibu sakit ringan, misalnya terserang flu. Saat ibu flu, apakah ini berpengaruh pada proses menyusui?

"Kalau ibu kondisinya kurang sehat antibodi di ASI itu makin meningkat. Misalnya ibu lagi batuk pilek ringan, tetap saja susui bayinya karena antibodi dalam ASI naik dan yang didapat anak itu tinggi," kata dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC dari Tiga Generasi saat berbincang dengan detikHealth.

dr Wi menjelaskan, pada prinsipnya antibodi memiliki banyak peran. Misalnya, memberi makan kuman baik dan membuat juman jahat lebih mudah dieliminasi oleh tubuh. Soal konsumsi obat saat ibu menyusui, dr Wi mengatakan obat yang dikonsumsi ibu lantas mengalir melalui ASI besarnya satu per 10 ribu sampai satu per 15 ribu saja yang mengalir. Sehingga, biasanya nyaris tidak berpengaruh pada ASI yang diberikan ke bayi.

"Kecuali ada obat tertentu yang sudah kita kasih kode L4 atau L5, itu tidak boleh dikonsumsi. Kalau L1 dan L2 boleh dikonsumsi kemudian kalau L3 mintalah tukar obatnya ini ke dokter," kata dr Wi.

Baca juga: Saat Bayi Pilek, Efektifkah Ibu Memberi Obat Melalui ASI?

Dikutip dari Kids Health, Rupal Christine Gupta, MD mengatakan ketika ibu sakit ringan seperti flu, ibu bisa tetap menyusui si kecil. Diungkapkan Gupta, ASI memiliki antibodi spesifik yang dibutuhkan bayi untuk melawan infeksi. Dengan terus menyusui si kecil, ibu secara tidak langsung melindungi bayi dari infeksi yang terjadi di tubuh ibu.

Namun, Gupta menekankan penting pula bagi ibu melindungi si kecil dari paparan bakteri dari lingkungan luar. Sehingga, penting bagi ibu menjaga kebersihan misalnya mencuci tangan lebih sering, menutup mulut saat batuk atau membuang ingus dengan tisu kemudian membuangnya, dan membatasi kontak wajah yang terlampau dekat dengan bayi.

"Ibu juga bisa mempertimbangkan menggunakan masker selama menyusui untuk menghindari batuk, bersin, atau hembusan napas yang kontak langsung dengan wajah bayi. Jika ibu khawatir, ibu bisa memerah ASI dan memberikannya pada bayi melalui seseorang yang sedang tidak sakit. Jika anak memiliki gejala seperti terkena flu, baiknya segera periksakan ke dokter," tutur Gupta.

Baca juga: Ini Sebab Bayi Spontan Menggigit Puting Ibu Saat Menyusu

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit