detikhealth

Cerita Presenter Farhan tentang Persiapan Ikuti Triathlon

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 30/03/2017 16:30 WIB
Cerita Presenter Farhan tentang Persiapan Ikuti TriathlonFoto: Puti Aini Yasmin
Jakarta, Triathlon merupakan kegiatan yang menggabungkan tiga olahraga sekaligus, yaitu berenang, bersepeda dan berlari. Nah, untuk mengikutinya dibutuhkan persiapan yang matang.

Adalah presenter Muhammad Farhan yang mempersiapkan diri untuk triathlon sejak Desember 2016. Ia mengaku melakukan latihan atau simulasi yang berat pada setiap cabang olahraga dilakukan satu minggu sekali selama empat jam.

"Nah untuk yang rutin (latihan) sejam setiap hari ya gantian ada yang berenang aja, lari aja atau sepedaan. Tapi tetap ada pemulihannya minimal seharian full istirahat," ucap pria yang juga penyiar radio ini.

"Itu (istirahat) supaya badan tidak over training. Kalau over training badan mudah sakit dan tumbang," sambung Farhan di sela-sela temu media Kampanye #Sweat4Edu di rumah belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Duri Kepa, Jalan Panjang, Jakarta Barat, Kamis (30/3/2017).

Baca juga: Tips Agar Kebiasaan Olahraga Tak Mudah Putus di Tengah Jalan

Lebih lanjut, Farhan juga menambahkan latihan untuk ototnya dilakukan antara lain dengan mengangkat barbel. Sebab menurutnya ketika bersepeda, tangan juga memiliki andil yang penting dalam menahan beban tubuh.

Selain itu, ia juga akan mengikuti pilates guna membuat otot lebih elastis serta dapat mengaktifkan otot-otot kecilnya. Sehingga dapat menunjang performanya ketika mengikuti triathlon.

"Saya fokus pilates pada dengkul, mata kaki dan engkel. Kalau nggak, dengkul bisa hancur," imbuh Farhan.

Lantas, cabang olahraga manakah yang paling sulit dilakukan? Menurut Farhan, olahraga yang paling sulit dilakukan adalah lari karena baginya lari membutuhkan kerja keras.

"Jadi kalau renang mindsetnya rekreasi lalu naik sepeda itu jalan-jalannya. Nah, lari itu kerja keras. Tapi ngatasinya ya jalanin aja, jalan cepat," sambung Farhan.

Triathlon yang akan diikuti Farhan adalah Sungai Liat Triathlon 2017 pada 22 April mendatang. Kegiatan ini untuk menggalang dana sosial. Ini juga menandai peluncuran kampanye #Sweat4Edu oleh YCAB Foundation yang mengajak para relawan untuk bergerak dan berkontribusi bagi pendidikan anak-anak pra-sejahtera.

Baca juga: Meski Sulit Berjalan, Bocah dengan Cerebral Palsy Ini Berhasil Ikut Triathlon

(vit/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit