detikhealth

Perasaan Sedih Atau Bahagia Seperti Ini Bisa Dibilang Tidak Wajar

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Minggu, 02/04/2017 12:13 WIB
Perasaan Sedih Atau Bahagia Seperti Ini Bisa Dibilang Tidak WajarFoto: Thinkstock
Jakarta, Bahagia atau sedih lumrah dialami seseorang. Namun, perasaan tersebut bisa saja dianggap tidak wajar.

Menurut dr Hervita Diatri SpKJ (K) dari RS Cipto Mangunkusumo, prinsipnya manusia mempunyai enam dasar ekspresi emosi, yaitu marah, bahagia, terkejut, jijik, sedih dan takut. Oleh karena itu wajar jika seseorang bisa mengalami berbagai emosi-emosi tersebut.

"Nah, rasa senang dan sedih itu merupakan emosi yang wajar jadi bukan identik dengan bipolar. Tapi ada kondisi yang bisa disebut tidak wajar," kata perempuan yang akrab disapa dr Vita ini dalam talkshow World Bipolar Day di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Gelora, Senayan, Sabtu (1/4/2017).

Baca juga: Riset Ini Katakan yang Kaya Memang Lebih Bahagia

dr Vita mengatakan emosi bisa dikatakan tidak wajar jika seseorang merasa sedih terus menerus yang terjadi lebih dari dua minggu. "Tapi kalau 1 sampai 2 hari misalnya saat baru ditinggal orang terkasih itu merupakan hal yang wajar ya," sambung dr Vita.

Lebih lanjut, dr Vita mengatakan emosi lain yang bisa dikatakan tidak wajar adalah perasaan gembira yang terjadi lebih dari empat hari. Di mana perasaan bahagia tersebut sangat berlebihan hingga tidak memiliki perasaan sedih sedikit pun.

"Tapi itu semua bisa dikatakan tidak wajar saat memang menggangu fungsi seseorang. Misalnya jadi berantakan (urusan) sekolah atau kerja," imbuh dr Vita.

Oleh karena itu dr Vita menyarankan saat mengalami perasaan yang dianggap tidak wajar, segera berkonsultasi ke dokter. Sebab, penanganan yang terlambat akan lebih memperburuk kondisi.

Baca juga: Terkadang Bahagia Itu Sesimpel Tidur Bahagia Setengah Jam Saja

(rdn/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit